From: Ong Han Ling <hl...@geoservices.co.id>
Sender: <iagi-net@iagi.or.id>
Date: Sun, 10 May 2015 01:05:16
To: <iagi-net@iagi.or.id>
Subject: RE: [iagi-net] Tim  Ekplorasi Nasional

Pak Andang,

Selamat dengan jabatan yang baru. Memang titipan yang berat dan seyogianya
semua pihak membantu. Saya ingin memberi masukan demi kemajuan eksplorasi.

Sebaiknya UUMIGAS baru yang sedang digodok intensif oleh Komisi 7 DPR selama
5 tahun terakir ini tidak diteruskan.

Semua UU adalah buatan putra-putri terbaik Indonesia pada zamannya. UUD 45
yang dibuat oleh beberapa gelintir tokoh tebalnya cuma 25 halaman telah
membawa Indonesia ke dunia modern. Demikian juga PSC yang berlaku selama 30
tahun dan mencakup Eksplorasi & Produksi tebalnya cuma sekitar 40 halaman
dan telah berjalan selama 50 tahun tanpa gejolak yang berarti.

Birokrasi yang kental menyebakan Pemerintah sering merubah Undang Undang. UU
Geothermal diganti tahun 2014. UU Sumber Air dibubarkan Makamah
Konstitusi(MK)tahun 2015; 14 investor sekarang terkatung-katung. UU
Pertambangan Umum direncnakan untuk diganti.

Pembuatan UUMIGAS lama No.22/2001 telah disosialisaikan di
universitas-universitas dan di assosiasi profesional selama 9 tahun. Begitu
diundang-undangkan, langsung dihujat.

UUMIGAS baru yang sekarang sedang dibahas di Komisi 7 DPR sudah bejalan 5
tahun. Kapan selesai belum tahu. Isinya belum tahu.

Para investor sudah menunggu lima tahun; berapa lama lagi harus menunggu?

Harus diingat bahwa ada 100+ negara yang berpotensi minyak dan hanya ada 20
Negara didunia (OECD countries) yang punya venture capital untuk melakukan
eksplorasi. Kasarnya, perbandingan 5:1, lebih banyak pilihan berinvestasi di
Negara yang berpotensi minyak daripada uang yang tersedia.

Selain itu, UUMIGAS baru akan mengarah ke Nasionalisme. Salah satu alasan
pembubaran BPMIGAS oleh MK adalah karena dianggap pro asing. Padahal ranking
dari Fraser Institute dari Canada dan Wood Mackenzie dari UK, yang
diterbitkan tiap tahun selama 10 tahun terakir, menunjuk Indonesia sebagai
Negara yang tidak menarik untuk melakukan investasi migas. Ranking dari
kedua badan yang independent dan ber-integritas tsb. dipakai sebagai acuan
bagi International Oil Company (IOC) untuk berinvestasi. Jika PSC terms
diperketat karena Nasionalisme, berarti "Government take" lebih besar, tidak
akan ada lagi IOC yang berminat karena investor punya pilihan di 100+
negara.

Selain itu, kontrak PSC yang cuma 40 halaman, telah diterima oleh perbankan
Internasional untuk dijadikan agunan bagi cadanganya. Jadi kalau dilakukan
perubahan Undang-Undang, kemungkinan besar bank-bank luar negeri akan
melakukan evaluasi kembali yang hasilnya bisa negatif. Apakah kita perlu
mengambil risiko demikian besarnya? (Note: semua perusahaan waktu
development harus pinjam uang dengan mengadaikan cadangannya).

Selain itu, Pemerintah lewat Penanaman Modal Asing (PMA) dapat dikatakan
merengek untuk menarik investor asing masuk Indonesia. Investasi beberapa
ratus ribu dollar saja ditanggapi dengan serious dan investor diberi
kemudahan. Dilain pihak, eksplorasi jutaan dollar dianggap sepi dan investor
disuruh menungu lebih dari lima tahun tanpa ada titik terang.

Kalau investasi ingin dipercepat di Indonesia, rumusnya simple, UUMigas
22/2001 jangan diganti atau dirubah. Hal ini perlu diumumkan secepatnya
hingga investor lega. Seandainya ada yang perlu diganti nantinya, perubahan
dilakukan seminimum mungkin hingga tidak timbul gejolak. Konsentrasi Komisi
7 DPR bisa dialihkan untuk peningkatan produksi dan mengurangi subsidi yang
sangat diperlukan saat ini.

Selamat berjuang,

HL Ong