Ikut urun rembug

Kebetulan saya ini mantan pengguna sipisis (dos version) dan pengguna
simpus.

Perbedaan antara sipisis (dan simpus) dengan winisis

1.      pada dasarnya sipisis (dan simpus) merupakan pengembangan modul
transaksi dari CDS/ISIS dan Winisis
2.      CDS/ISIS (versi dos) dan Winisis (versi windows) adalah aplikasi
pengolahan database teks yang dibuat dan dikembangkan oleh Unesco lihat
http://portal.unesco.org/ci/en/ev.php-URL_ID=2071
<http://portal.unesco.org/ci/en/ev.php-URL_ID=2071&URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTI
ON=201.html> &URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTION=201.html
3.      Winisis sebagai versi windows CDS/isis telah bayak diperkaya dengan
modul - modul untuk pengolahan dan temubalik informasi (sdh ada fasilitas
ekspor ke dalam format xml).
4.      Untuk pengembangan pada modul sirkulasi, statistic, kunjungan dan
modul lainnya yang dibutuhkan dalam otomasi baik CDS/ISIS maupun winisis
menyediakan fasilitas pengembangan dengan pascal.
5.      pengembangan dengan pascal terhadap CDS/ISIS dan winisis inillah
yang kemudian melahirkan aplikasi simpus dan sipisis.
6.      pengembangan CDS/ISIS dan Winisis untuk aplikasi otomasi setahu saya
sangat banyak seperti:

1)       Sipisis baik versi Dos maupun Windows yang dikembangkan oleh
perpustakaan IPB (pak Mustafa dan pak rahman kabarnya? Betulkah?)

2)        Simpus baik versi dos (dengan pascal), Windows (dengan isisi dll
dan VB) maupun Web (dengan wwwisis dan CGI script) yang dikembangkan secara
personal oleh Ir. Yaya Suryanata (katanya mantan programmer sipisis DOS).

3)       Weblis (otomasi berbasis web) yang dikembangkan unesco  biosa di
download di http://portal.unesco.org/ci/en/ev.php-URL_ID=16841
<http://portal.unesco.org/ci/en/ev.php-URL_ID=16841&URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECT
ION=201.html> &URL_DO=DO_TOPIC&URL_SECTION=201.html

4)       Igloo dan Xigloo bersifat Open Sources yang dikembangkan mas Hendro
dan Mas Arid an bisa di download di milis ini

7.      Kelebihan memanfaatkan aplikasi otomasi perpustakaan pengembangan
dari CDS/ISIS dan Winisis ini adalah :

1)       Harganya akan sangat murah bila dibandingkan dengan aplikasi
sejenis yang murni di develop atau bahkan gratis bila menggunakan Igloo dan
X igloo serta weblis

2)       Banyak support dalam maintenance database karena banyak forum milis
yang membahas ini termasuk milis ini.

3)       Sangat familiar bagi para pustakawan karena dulunya adalah mata
kuliah wajib yang mereka terima (dan hanya karena alas an ini saya bertahan
memanfaatkan program ini karena yang paling susah di perpustakaan adalah
penyiapan SDM nya)

8.      Kelemahan dan problem menggunakan aplikasi ini

1.       tekstual database, 16 bit, flat database wow kuno banget dengan
perkembangan ICT sekarang

2.       walaupun Igloo dan x igloonya sudah opensource tetap isis nya tetap
close source sehingga pengembang phpisis sampai frustasi dan mengeluarkan
malete yang dikatakan tidak ada kaitannya sama sekali dengan isis.
Rekomendasi w2 isis yang merekomendasikan untuk open source belum juga
direalisasikan

3.       Sangat tergantung dengan windows so walaupun aplikasinya murah tapi
akan terjebak dengan lisensi windows yang mahal (mana bajak makin susah lagi
:-()

9.      kalau memang masih mau pake winisis saya sepakat dengan tawaran mas
hendro kenapa ndak pake igloo dan xigloo yang open source tapi lumayan harus
rada telaten utak atiknya :-) sehingga selain gratis juga hanya dibutuhkan
os windows pada pengolahan data base bukunya aja. Untuk transaksi bisa fully
pake linux atau free bsd yang gratis tentunya
10.     Tapi kalau mau lebih simple dan tidak ambil pusing dengan lisensi
windows kontak saja pak Mustafa dan pak yaya untuk beli aplikasi dari
mereka.

Sorry panjang lebar karena penanya kayaknya sampai karena para senior kok
ndak ada yang menjawab secara detail. Semoga menjelaskan