From: Lutfi Hidayat Ramdhani <lutfi.hidayat.ramdh...@gmail.com>
Sender: id-android@googlegroups.com
Date: Thu, 1 Jul 2010 19:45:03
To: id-android@googlegroups.com<id-android@googlegroups.com>
Subject: [id-android] WTShare Unlock EVDO Smart di Droid Updated

Setelah stuck beberapa lama, sinyal 3G muncul tapi data tidak jalan akhirnya
sekarang bisa juga
padahal cuman step kecil saja :hammer:

sebelumnya mohon maaf bila ada yang tidak berkenan.

Menyambung dari thread bro Rizky tentang Unlock EVDO Smart yang lalu,
berikut mail ybs

Quote:
Dear rekan-rekan,

Saya mau sharing, minggu kemarin saya sukses unlock EVDO menggunakan nomor
Smart pada Droid. Walaupun reboot, setting parameter-nya tetap stick.
Step penting-nya adalah bagaimana menuliskan PPP/HDR UserID
x...@sinarmas-telecom.net.id (xxx adalah MIN/ID Anda) ke dalam NV Item droid
yang tepat.
Info-info ini saya compile dari browsing howardforums.com dan beberapa forum
cdma lokal.
Saya sendiri newbie dan droid adalah HP CDMA pertama saya.
Jadi ini WTI sekalian mau crosscheck apakah bisa di-apply ke droid lain.
DIWYOR yaa :)
Sekalian mohon bantuan para suhu di sini apabila ada step2 yang perlu
dikoreksi.

Aplikasi yang dibutuhkan:
Motorola USB Driver (
http://www.motorola.com/Support/US-EN/Support-Homepage/Software_and_Drivers/USB-and-PC-Charging-Drivers
)
HW-VSP3 (http://new.hwg.cz/download/sw/version/hw-vsp3-single_3-1-2.exe)
CDMA Workshop 2.7 (googling saja)

Step-stepnya adalah:
- Matikan droid
- Tahan tombol "T" pada keyboard droid, nyalakan droid
- Connect droid ke komputer
- Buka aplikasi HW Virtual Serial Port (HWVSP)
- Pada HWVSP konfigure koneksi ke 192.168.16.2 port 11008, silahkan pilih
COM port yang diinginkan. (Anda bisa connect droid ke WIFI dan menggunakan
IP WIFI untuk dikoneksikan ke HWVSP)
- Buka CDMA Workshop 2.7. Koneksikan ke COM port yang sudah di-set di atas.
- Pada security tab send SPC 000000
- Step selanjutnya adalah write NV items pada Memory tab. NV items dibuat
dalam format hexadecimal.
- Berdasarkan info user PPP/HDR di droid merupakan gabungan dari NV item
0178 dengan 8040-8091. Sehingga untuk mendapatkan PPP/HDR smart
m...@sinarmas-telecom.net.id dibutuhkan value NV items sebagai berikut:
0178 = MIN/ID telepon
8040 = @sinarmas-telecom.net.id
8041 = @sinarmas-telecom.net.id
8042 = @sinarmas-telecom.net.id
8043 = @sinarmas-telecom.net.id
8091 = @sinarmas-telecom.net.id

- Untuk NV items 0178, Anda harus merubah attachment droid_nvitems_0178.txt
dengan MIN/ID telepon Anda dalam format hexadecimal (biarkan value 00 di
awal, anda cukup ganti value 8888888888 dengan MIN/ID telepon Anda)
- Untuk NV items lainnya silahkan write attachment dari saya yang kedua.
Sudah saya set value @sinarmas-telecom.net.id di semua NV item bersesuaian.
- Untuk memastikan bahwa value-value tersebut sudah di-set dengan benar,
Anda bisa menggunakan aplikasi QPST 2.7 - Service Programming untuk melihat
user PPP/HDR anda telah di-set dengan m...@sinarmas-telecom.net.id
- Reboot telepon.

End Quote.

Cara diatas ternyata hanya membuat username jadi
m...@sinarmas-telecom.net.idsaja, memang sinyal 3G akan muncul tapi
tidak akan bisa browsing
maka step selanjutnya adalah

- Masuk lagi ke QPST - Service Programming. Lihat di PPP (asumsi sudah read
from phone), isi password pada dua tab (UM dan AN) dengan ESN HH
- Write to Phone
- Setelah reboot, langsung cabut HH dari kabel data
- Lihat status phone di setting, klo sudah EVDO Rev. A berarti sudah
berhasil

*Masalah yg mungkin terjadi
- HH saya tidak bisa nelfon keluar beberapa saat setelah proses dilakukan.
Sempat terjadi beberapa kali. Jika terjadi, harap di Restart saja HH nya.
Masalahnya masih belum diketahui, kemungkinan ketika saya ganti dari CDMA
auto dipindah ke EVDO only, setelah itu tidak bisa nelfon. Asumsi sementara
sih akibat pindah service tersebut, tapi itu hanya asumsi dan belum pasti.

So, Do It With Your Own Risk :)

oh iya, NV item yang satu lagi juga sudah saya attach ke NV item yang benar,
sehingga tidak ada kejadian username yang kacau lagi

Join: http://groups.google.com/group/id-android/subscribe?hl=en-GB
Moderator: id.andr...@gmail.com
ID Android Developer: http://groups.google.com/group/id-android-dev
ID Android Surabaya: http://groups.google.com/group/id-android-sby