Menarik opininya...

Gue juga pernah berpikiran seperti itu, memang menguntungkan untuk operator.

Sebenernya, ada hal lain juga yg menyangkut Pasar (market user) unik negara
kita ini.

User maunya cepet, nearly no blankspot, giliran suruh bayar segono,
komplain! Hahaha

Saat ini cellular data di indonesia bertumbuh jauh lebih cepat penggunanya
daripada broadband atau pun fixed internet lainnya.

Mau handphone apa aja kek, kita harus akui jaman sekarang ini, jamannya
"data" bukan lagi jaman sms/telpon berlama-lama..

Operator selain harus selalu update di bandwidth karena pertumbuhan user
datanya yang (pasti) memakan bandwidth berlebihan di user android, bisa jadi
kewalahan disisi pengurusan penambahan pita frequency dan juga bandwidth.

Jadi semakin cepat pertumbuhan si user yang memakai cellular data yg
langsung nyambung ke cloud internet, didukung dgn device ber-OS android --
bisa jadi suatu saat2 tertentu akan terjadi bootleneck!

Nah saat itu terjadi, tinggal operator yg memiliki peran, seberapa cepat
pihaknya bisa mengantisipasi masa bootleneck itu.

Ini artinya op berlomba-lomba adu cepat antara naikkin bandwidth, nambah
pita frequency, izin dll - dan pelanggan yang keburu komplain karena luelet
berkepanjangan.

Kadang yg menghambat usaha improvement si operator ini justru pihak lain yg
emang satu2nya pemberi ijin secara legal. Kerjanya molor2 terus, sehingga
masa bottleneck itu makin berlama-lama.

Operator juga yg akhirnya disalahin!

Kalau soal keuntungan, pasti akan ada melihat pasar android user ini
demikian potensial.. di paketan unlimited data pasti ada untung, bila
langsung ditambahkan soal kemudahan online backup khusus pelanggan operator
itu, aplikasi store/market exclusive si pelanggan yg bisa dibeli dgn potong
pulsa dsb... banyak keuntungan secara finansial yang akan didapat si
operator lagi.

Intinya, seberapa mengerti si petinggi2 operator itu mengenai hal ini, orang
yg merupakan decision maker di operator itu yg sangat mendukung hal ini?

Sir, we're talking about big money here also big investment :-)

--rc
sent from droidX Froyo v2.2
pingchat!: rennerchen

On Sep 2, 2010 9:35 AM, "syaifudin zuhri" <zuhri...@gmail.com> wrote:
> [...]
> aktualnya dibawah 100% atau yang lain)
> tidak seperti BB service yang akan dibagi berdua dengan RIM .
> Oleh karenanya seharusnya operator di indonesia bisa berlomba mempercepat
> penetrasi android di indonesia.
>
> **Dari beberapa untaian kata saya di atas, mungkin ada yang sependapat dan
> tidak sependapat, saya ingatkan kembali kalau ini hanya pendapat pribadi.
> Atau mungkin ada yang ingin menambahkan atau mengurangi dipersilahkan.
> *
>
> --
> "Indonesian Android Community [id-android]"

Kirim email ke