itu jargon lama dahulu ketika membandingkan antara ponsel nokia yg mencapai
puncaknya dgn seri 5110 yg *user friendly compare to siemens product*.

Fans Siemens-lah yg pertama membalikkan jargon Nokia tsb, bahwa utk
menggunakan handset siemens, *perlu anda yg mengerti teknologi..*

Ketika ponsel lain belum ber-platform,atau baru mengenal epoc, maka Siemens
telah menjadikan Java di ponselnya sehingga handset siemens menjadi oprek-*
able* kira-kira seperti android sekarang inilah.

Catatan Platform Java menjadi hal spesial mengingat *developer*nya yg banyak
dari warga negeri kita tercinta ini, dan ingat lambang cangkir kopinya
mengacu pada kenikmatan beragam kopi di negeri kita sehingga mengibaratkan
ngoprek dan menggunakan Java senikmat menyeduh kopi di negeri kita.
Puncaknya diraih dgn ponsel SL45 dan SL45i yang kebetulan desain dan
kebisaannya pada saat itu paling wah dan menjadi handset pioner juga dengan
kemampuan memori eksternal sampai 128M yg pada saat itu terasa fantastik.
 Jadi bisa dijejali aplikasi Java macam2, music, dan berbagai tipe i*mage*.

Pada saat itu nokia dengan seri 9110 dan 9110i-nya menjadi pesaing tangguh
yg juga unggul di fitur legendarisnya yg tak tersaingi sampai sekarang,
fax!!
Bahkan fitur fax di 91xxx pada saat itu hanya cukup menggunakan nomor PRA
bayar XL bisa mengirim dan menerima fax langsung di handset.  Berbeda pada
seri selanjutnya 9210,9500,dan 9300, penggunaan fax dilakukan mestilah
dengan kartu paskabayar multinumberingnya Halo dan Matrix. Dan di seri
selanjutnya E90 malah fax via carier lain dgn account tertentu, itupun hanya
utk mengirim. Dengan alasan teknologi email saat ini maka fitur fax
ditiadakan di seri selanjutnya.

Ada beberapa hal yg patut kita nanti dalam 1-2 tahun ini melihat sejarah
perjalanannya.
Nokia yg sempat terpuruk secara teknologi oleh siemens, dengan *image* *latest
technology* dgn arti bukan mutakhir tapi terlambat,lantas dari segi design
banyak dikalahkan oleh motorola,dan perinternetan juga koneksi kalah oleh
ericsson, berhasil membalikkan keadaan secara apapun yg memaksa
kompetitornya tersebut benar2 K.O!!
Dgn *simply is the best*-nya yg diiklani george bush,clinton,dan teacher,
berhasil mengungguli siemens dgn megastar sepakbola saat itu, Ronaldo ; dan
bahkan ericsson dengan James Bond-nya.  Pun dengan Phillips yg handal di
durasi baterenya.
Nokia yg semula terjepit 3 raksasa ponsel, berhasil memaksa ericsson merger
dgn sony,dan siemens dgn benQ sebelum akhirnya bubar bersama,dan terakhir
motorola yg masih mati suri saja.  Dan saat itu senjata tangguhnya sama2
symbian.  Nokia dgn Comseriesnya,Siemens SX 1, Motorola dgn A1000,dan
Ericsson di seri P-nya.  Hanya Motorola yg saat itu diantara mereka ber4 yg
telah mengadopsi sistem selain symbian, yaitu windows dan Linux.  Ini di
luar Palm yg berangkat dari PDA. (ingat istilah konvergensi dulu :
smartphone dan PDAphone)

Nah sekarangpun meski masih ranking 1, Nokia terlanjur tampak terpuruk..
Kalau dulu dgn menggandeng symbian yg teraplikasikan juga di merk lain,
sekarang nokia menggandeng windows yg mana digandeng oleh berbagai merk
handset pula..

Utk head to head dgn android saya rasa symbian yg dipasang dengan meego di
bench (digarap oleh intel), karena windows mungkin justru utk menghadapi IOS
yg sama2 bernuansa ekslusif.

Artinya, Nokia sekarang justru tengah bersiap langsung utk menghadapi
Android (google) dan IOS sekaligus!!!

Lepas dari itu, android bagaimanapun tengah berkibar dan unggul saat
ini,tinggal bagaimana belajar dari sejarah symbian saja, agar tak dimiliki
secara ekslusif oleh 1 vendor saja seperti saat symbian diakuisisi nokia dan
berujung pada lambatnya developing systemnya..

Dan selalu menanti,tak hanya menonton para putra terbaik bangsa ini..
suatu saat yg tak lama lagi (inginnya), OS dan Handset buatan anak negeri!!!

Mari berkarya sekarang utk masa depan, dan mari belajar sekarang dari masa
lalu!!

Kirim email ke