Tapi gw kemaren ngerasain beda boros batre yang cukup lumayan waktu baru
update OTA, yang setelah browsing2 ketemu cukup banyak masalah yang sama. Di
forum ini kalau nggak salah sempet ada juga yang menyinggung mengenai batre
lebih boros setelah update OTA.

Nah dari halaman
ini<http://code.google.com/p/android/issues/detail?id=15057&q=Android%20OS%20gingerbread&colspec=ID%20Type%20Status%20Owner%20Summary%20Stars>,
sepertinya ada masalah di system Androidnya. Lebih spesifiknya
*barangkali*di Gingerbread OTA N1 karena kayaknya dulu-dulu gak ada
komplain (dari
pemakai custom ROM).

Masalahnya (sepertinya) adalah kemampuan si OS dalam melakukan switching
antara WiFi dan koneksi data, yang membuat "Android OS" memakan batre paling
banyak. "Android OS" kemaren (sebelum gw set WiFi never sleeps) selalu ada
di urutan atas, yang padahal dulu nyaris nggak pernah kelihatan di halaman
"Battery Use" kalau nggak di-scroll ke bawah.

Mengenai "WiFi Never Sleeps" sebetulnya adalah pilihan yang terbaik,
kemungkinan memang betul. Tapi gw dulu gak doyan aja ngeliat WiFi ada di
urutan atas (di Battery Use), walaupun barangkali dengan adanya dia di
urutan atas maka Phone Idle / Cell Standby akan berkurang jauh pemakaian
batrenya. :D

Sekarang gw mau coba (lebih tepatnya terpaksa nyoba) set WiFi Never Sleeps
plus mainin WiFi toggle.

Kalau dulu gw WiFi nggak pernah di-toggle2 (walaupun lagi di jalanan). WiFi
gw matiin cuma kalau perlu *"nyalain screen lama-lama"* di tempat tak
ber-WiFi.

Kirim email ke