2011/5/18 Radia Latief <yofa...@gmail.com>

> Iyah sama. Saya pakai analogi tsb maksudnya supaya lebih jelas tapi malah
> salah ya?
>
> Maps (saya) partial wakenya tinggi tapi ngga makan batre secara berlebihan.
>
> Ini sekarang untuk Maps CPU Foregroundnya 2 menit, keep-awake nya 5 jam.
> Berarto total saya ngebuka/melihat peta cuma 2 menit, tapi dia makanin CPU
> melakukan update lokasi Latitude (yang padahal cuma sekejap2) sampai 5 jam.

sepengetahuan saya (yg masih sangat terbatas ini), partial wake usage itu
makan batere oom. system yg "dipaksa" bangun spt ini ga akan bisa masuk ke
deep sleep state (low power mode). otomatis makan batere yg lebih dibanding
kalo dia bisa deep sleep.

tapi makanya saya bilang, kembali ke pemakaian masing2 aja. cuma usernya yg
tau dan bisa menarik kesimpulan mana yg normal mana yg nggak. maksudnya kalo
oom Radia jalanin Latitude dan gps always on, otomatis Maps akan update
location terus menerus dan ini normal. jadi partial wake di Maps yg
sedemikian tinggi (mungkin) masih bisa dibilang normal. contoh lainnya
seperti kalo saya tracking lari pagi dgn runkeeper/endomondo....saat screen
off aplikasi2 tsb akan terus tracking location selama saya lari (padahal
saat itu screen off) yg bikin partial wakenya tinggi. tapi ini 100% normal
karena memang aplikasi2 tsb saya tugaskan utk continuously tracking my run.

tapi utk aplikasi2 tertentu seperti aplikasi2 IM/chat, walaupun app tsb
terus2an aktif di background, harusnya gak bikin partial wake usage yg
tinggi. ini yg saya perhatikan saat tes aplikasi2 chat tempo hari. beberapa
aplikasi partial wake usagenya nol (dimana beberapa dari aplikasi2 tsb belum
pake c2dm). sementara beberapa aplikasi yg pake c2dm, partial wake usagenya
malah tinggi. makanya saya merasa embel2 c2dm itu belum tentu jaminan
aplikasi tsb irit batere.

> Iya maksud saya ROM stock dari pabrikan tertentu kan bisa menyertakan
> app/fungsi/widget/animasi/proses yang ngga ada di aosp/vanilla. Di
> Touchwiz-pun ada, tapi kalau dari ceritanya bro berarti ngga sampai seboros
> Sense di Desire.

yup....menurut pengamatan saya, AOSP memang lebih irit dibanding Sense. tp
secara visual Sense lebih cantik. tp cantik itu subyektif kan? :)

> Maksud saya bukan ke anda bro, anda jelas mengerti cara-cara manajemen
> sumberdaya yang efisien.

ngerti bro...tapi inti dr pendapat saya adalah android itu sangat variatif.
dari segi hardware, software, rom dll banyak sekali variasinya. karena itu
menurut saya kalo mau troubleshooting sebaiknya dilihat case by case, gak
bisa di generalisasi seperti itu.
ada yg boros karena memang pemakaian si usernya tinggi. ada yg karena
beberapa aplikasi yg gak efisien. ada juga yg karena romnya memang boros.
jadi musti dilihat satu persatu dimana sumber masalahnya, jangan langsung
menjudge kalo custom rom itu bukan solusi utk battery life, karena justru
buat saya malah kebalikannya :)

> Yang saya lihat baik di sekitar maupun milis, banyak yang menganggap kalau
> beli Android tuh harus langsung di-root & custom ROM. Untuk merekalah saya
> katakan root & custom ROM ngga akan memperbaiki kinerja baterai seperti
> misalnya contoh di atas yang pakai custom ROM dengan penggunaan batre 15%
> tiap 2 jam padahal cuma standby aja.

root dan custom rom itu kan hanya salah satu cara mengkustomisasi android,
sesuai dgn kebutuhan masing2. ada user yg merasa cukup pake stock rom dan
gak perlu kustomisasi yg lebih dalam. dan ada juga yg perlu dgn feature2 yg
ditawarkan oleh rooting/custom rom. saya rasa gak ada yg benar dan salah
dari 2 preference diatas. dan justru itulah kelebihan android menurut saya.
user punya pilihan, dan apapun pilihan tsb harus dihormati.

> Saya pernah bilang android "bebas" untuk dibuat boros. Kalau sama-sama
> standby 6 jam, provider sama, kenapa android (milik sebagian dari anda)
> lebih boros dari BB? Pasti ada sebabnya yang kalau dijawab *"teknologi RIM
> lebih maju"* ini saya nggak setuju.

boros itu kan bukan tujuan oom tapi efek samping. saya rasa gak ada orang yg
pengen ato sengaja mau bikin androidnya boros. jadi istilah kebebasan utk
dibuat boros ini menurut saya kurang tepat. mungkin lebih tepatnya adalah,
android is highly cusomizable, saking bebasnya dimana kustomisasi2 tsb bisa
membawa efek yg positif atau negatif tergantung sebagus apa kustomisasi tsb.
yg musti diperhatikan adalah si usernya sendiri sebaiknya harus aware dan
bisa menilai mana kustomisasi yg bagus, mana yg jelek.

kalo pendapat sepihak seperti itu mah udah biasa deh kyknya. banyak user yg
gak tau dan gak mau tau gimana cara mengoptimalkan device yg mereka pakai.
dan ini bukan terjadi di android aja kok. gak perlu terlalu diambil pusing
lah pendapat2 yg kayak gini.

Salam,
-Yoshwar

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine