2011/6/8 seno indarto <imas...@gmail.com>

> Sata pikir ini masalah prefer sebuah HP (android or iphone) digunakan..klo
> ingin tampil keren dan biar dilirik cwe saat ambil hp pastinya pilih iphone
> tp selain tampilan, iphone emang menang di grafis dan game..

Tidak di semua tempat pertimbangannya adalah seperti ini, mungkin iphone
lambang gengsi di indonesia, bisa jadi seperti itu. Tapi di tempat saya
berada sekarang tidak sama sekali, iphone 4 saya kembaran sama
cleaner/pembantu rumah tangga yang bersihin rumah saya kok, jadi faktor
gengsi bisa dilupakan kalo di inggris.

Saya sendiri memutuskan sementara berhenti ber hp android dan lebih
memfokuskan android di tablet karena alasan pilihan aplikasi, buat saya
mengoptimalkan HH itu gak cuma oprek oprek saja ,tapi menggunakan hh sesuai
kebutuhan anda. Jika sebuah HH bisa memenuhi banyak kebutuhan anda, ya buat
saya anda sudah bisa memaksimalkan dengan baik. Bukan berarti saya gak demen
oprek ya, saya dari g1 sampe xoom hajar habis opreknya asal ada waktu,
bahkan mungkin saya adalah sedikit dari orang yang kecewa kalo ada metode
one click root atau sejenisnya, keasyikannya berkurang hehehe.

Ini beberapa alasan saya memutuskan android belum pas ditangan saya sebagai
handphone apalagi handphone utama

1.twitter
saya twitter addict yang butuh push notification untuk mention dan direct
message karena saya dan beberapa teman memperlakukan twitter seperti kirim
sms. di iphone sangat bisa banget real time push nya, di android terakhir
saya coba masih "pull by interval" kalo intervalnya dibuat semakin pendek
katakanlah 1 menit bisa juga sih, tapi baterai bisa lewat dalam beberapa
jam.

2.instagram dan aplikasi edit foto
setiap hari saya menghabiskan waktu di kereta bawah tanah untuk berangkat
dan pulang kerja, dalam kondisi tanpa sinyal yang bisa saya lakukan dengan
gadget hanya membaca, main game atau edit foto. yang terakhir ini yang
kebetulan paling sering saya lakukan, dan saya merasa jadi lebih awas dengan
lingkungan sekitar demi cari objek foto yang menarik hehehe. Memang di
android ada mytubo yang berfungsi seperti instagram, tapi kalo temennya
share di instagram semua, ya buat apa saya ngotot ke mytubo? mending nunggu
instagram for android yang lagi dibuat sekarang. Untuk editingnya, android
sudah saemakin maju dengan pilihan software yang cukup beragam, tapi sampe
sekarang pilihan dan kualitas (sangat subjektif) lebih banyak di iOS, terus
terang saya berharap ke depan android semakin maju di sisi ini, karena
sebenarnya saya juga naksir kamera dari beberapa HH android seperti arc atau
sgs 2 yang kualitasnya luar biasa dan melewati iphone 4.

3.Spotify
spotify adalah aplikasi streaming/download lagu legal dengan mode bisnis
subscribe/rental. Spotify hadir di android dan di iOS, cuman entah kenapa
versi androidnya selalu telat update fiturnya dibanding iOS dan hampir
selalu buggy, sync di android sering gagal atau lama, bahkan pindah status
online ke offline pun sering ngadat. Tentu ini salah aplikasinya bukan
androidnya, tapi buat apa saya maksain pake versi android kalo ini adalah
kebutuhan utama saya sehari hari? saya jelas butuh yang nyaris flawless
menjalankan spotify, ya saya pilih iOS version saja.

4.BBC iplayer
setiap orang yang tinggal di inggris pasti butuh iplayer untuk menonton
acara tv kesayangannya dan live tv ketika sedang tidak di depan tv atau
ingin menonton video singkat ketika sedang tiduran di kamar. iplayer juga
tersedia di android dan ios, tapi sama seperti kasus spotify, iplayer di
android buggy banget bahkan kadang ga bekerja sama sekali, dan yang bikin
saya heran, yang versi android mau pake hh apapun selalu gambarnya pecah
pecah yang mengurangi kenikmatan nonton, tentu saja ini salah aplikasi bukan
androidnya, tapi jika ini kebutuhan rutin harian tentu saya pilih yang bisa
menjalankan fungsi ini dengan lancar.

5.SKY Player
sebagai penggermar EPL dan Liverpool, nonton SKY adalah sebuah kewajiban
karena dia adalah pemegang hak siar EPL di inggris, sky player memungkinkan
anda untuk menonton siaran tv dari sky secara live maupun recorded.Gilanya
lagi, sky bekerjasama dengan beberapa operator besar menyediakan semacam
kanal khusus untuk sky jadi ketika terpaksa nonton bola atau lainnya via 3G
pun, siaran sangat lancar dan jernih. Sementara ini sky player belum
tersedia untuk android.

6.e.banking
Belum ada satupun bank yang menyediakan apps e-banking untuk android, bisa
sih akses e-banking lewat web, tapi tetep aja kalo sudah dalam bentuk apps
dan didesain khusus untuk kebutuhan layar tlepon yang relatif kecil,
navigasi jadi lebih mudah dan nyaman, gak repot zoom in zoom out kalo mau
klik menu tertentu, kebetulan bank tempat saya punya rekening di inggris
juga sudah menyediakan aplikasi khusus e bankingnya di iOS

7.Apps untuk delivery order makanan dan local apps lainnya.
Sekali lagi, ini masalah ketersediaan, banyak vendor yang belum mengeluarkan
official apps untuk di android, seperti aplikasi untuk pesen makanan online,
beli tiket kereta, dll, aplikasi lokal seperti ini, untuk kondisi inggris,
ios jauh mengalahkan android, baik dari segi jumlah pilihan maupun kualitas
aplikasi itu sendiri, Nah saya amati hal ini berkebalikan total dengan
kondisi di indonesia, dimana aplikasi lokal bermunculan dengan cepat dan
berkualitas, mungkin jika suatu saat saya kembali ke tanah air, hal ini akan
membuat saya membutuhkan hh android lagi untuk keperluan sehari hari.

Nah, semoga gambaran diatas membantu menjelaskan kenapa saya merasa android
gak maksimal ada di tangan saya, karena kebutuhan harian saya banyak yang
belum terpenuhi oleh android phone. Android sekarang buat saya lebih nyaman
jadi tablet aja, apalagi dengan honeycomb yang maknyus, baca email jadi
semakin enak (email handling di iOS itu sampah total :p) dan nonton video
dalam berbagai format pun nyaman.

Masalah sinyal, iphone 4 memang agak mengecewakan dibanding android buatan
HTC kebanyakan, tapi sebanding dengan beberapa hh dari sony ericsson yang
pernah saya coba, tapi kalo sinyal (bukan speed internet) saya rasa itu
masalah desain dari manufaktur yang menentukan, dan iphone 4 bisa dibilang
memang gagal dari sisi ini, bahkan sama adiknya 3GS pun kalah.

Xperia arc with Mobile BRAVIA Engine
http://www.sonyericsson.com/product/xperiaarc/video/mbe
PING'S Mobile - Plaza Semanggi
E-mail: i...@pings-mobile.com Ph. 021-96087100