copas dari kaskus nih bro

kalo diatas US$ 50

PENGHITUNGAN BEA CUKAI beserta TIPS
Berhubung banyak yang tanya tentang penghitungan bea masuk kalau
mendatangkan sendiri game PS3, DVD film, Bluray film, dsb melalui
online store seperti amazon, play asia, dll
maka gue mau share sedikit mengenai cara penghitungannya:

Misalnya harga game PS3 yang dibeli seharga US $ 90 dengan kurs Rp.
11.000 per 1 dollar US.
Maka:
1. $90-$50 (tidak kena bea masuk) = $40 x Rp.11.000 = a
2. Bea masuk 5% (tergantung jenis barang)= 5% x a = b.
3. PPN sebesar 10% dari a+b = 10% x (a+b) = c
4. PPH pasal 22 sebesar 7.5% dari a+b (kalau punya NPWP menjadi 2.5%)
= 7.5% x (a+b) = d
5. Total yang harus dibayar = b+c+d

Note: besar dari bea masuk (%) tergantung dari jenis barang. semakin
barang itu mudah didapatkan di Indo maka bea masuk akan semakin besar.
Misalnya pakaian. Bea masuk menjadi 15%. Untuk lebih jelasnya klik di
sini

Bea masuk bisa di nego. asalkan sudah "bersahabat" dengan petugasnya.

That's all.....

UPDATe:

1. Contoh penghitungan nyata bea masuk per tanggal 20 Januari 2008:

Pembelian melalui amazon: $78 (shipment dan insurance tidak termasuk).
Maka Nilai yang kena bea masuk adalah $78 - $50 = $ 28 x Rp. 11.000 =
Rp. 308.000,- (a)

Bea masuk untuk Bluray adalah 5 % --> Rp. 308.000 x 5 % = Rp. 15.400,- (b)

PPN 10 % --> Rp. 323.400 x 10 % = Rp. 32.340,- (c)

PPh pasal 22 (pakai NPWP sesuai nama di Bon Amazon) 2.5% (normal 7.5%)
--> Rp. 323.400 x 2.5 % = Rp. 8.085,- (d)

Jadi Biaya yang harus dibayar adalah Rp. 55. 825,- (b+c+d) + biaya
packing ulang (kalau melalui pos Indonesia)

2. Max Values For Personal carry/Hand carry (Import goods/free BM n
PDRI) FOB US$ 250,-/person or FOB US$ 1000,-/Family, more than that
u'll get the BM n PDRI.
Thanks to ACE 79

3. Setelah user (ZuluUltraLima) kasih masukan tentang cara menghitung
bea masuk, aku coba lihat di website. Ternyata ada perbedaan dalam
penghitungannya. Yaitu ongkir dan insurance ditambahkan dalam total
nilai barang yang kena bea masuk.
Jadi kesimpulannya:
a. Penghitungan resmi bea masuk adalah MENGIKUTSERTAKAN shipping dan
insurance cost ke dalam nilai barang yang kena bea masuk.
b. Ada kalanya petugas bea masuk tidak mengerti penghitungan ini
(seperti di kota ku) sehingga tidak mengikutsertakan shipping dan
insurance cost dalam penghitungan bea masuk.. (lucky me! )
thanks to (ZuluUltraLima)

4. Setelah aku lihat di website, yang mendapat potongan PPh pasal 22
dari 7.5% ke 2.5% adalah yang mempunyai API (angak pengenal impor)
yang diberikan kepada perusahaan dagang untuk dapat mengimpor barang,
tujuannya untuk diperdagangkan dan jenis barang yang dapat diimpor
barang tersebut tidak diatur tata niaganya ATAU kepada perusahaan
industri dengan item terbatas untuk keperluan produksi.
Salah satu persyaratan pembuatan API tersebut adalah fotokopi NPWP.
Nah.. si petugas cukai di kotaku agak sedikit lemot. Jadinya aku cukup
kasihkan fotokopi NPWP dan dapet potongan 5% PPh pasal 22.
Emang ada untungnya tinggal di kota kecil.. hehehehe...

source: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1384552

Pada 2 Januari 2012 23:47, sasongko Adi <sasongko...@gmail.com> menulis:
> [...]
> Gunakan Paket Unlimited Data XL Mobile Broadband

-MGM-