Kalau emang tujuannya eliminasi HP BM yaa proses importnya yang diberangus.
Bukan malah bikin aturan ribet.
Tapi ya gitu deh, karena gak mampu berangus import ilegal akhirnya cari
jalan lain yang aneh.

Tapi let's take a look to the other side.

Seperti kita tau bahwa di pasar grass root sana benar2 sudah dibanjiri
dengan HP low end yang di konsumsi  oleh low end segmen. Dan itu sangat
laris kaya kacang goreng. Namun ya gitu deh, mengejar nilai jual yang murah
akhirnya cost dan kualitas produksi ditekan.

Standar kualitas gak dijaga, daya pancar handset yang melebihi standar gak
cuma mengganggu jaringan selular, yang lebih parah adalah berdampak buruk
buat kesehatan. It's serious problem that happen in the market. Do we aware
of this?

Lho kan udah di sertifikasi Postel? Yes it is. Tapi yaa gitu deh, barang
yang di test emang bagus, tapi gak pernah ada yang mastiin bahwa kualitas
barang yang beredar di market sesuai dengan di sertifikasi.

Belum lagi kasus IMEI bodong dari provider handphone low end ini. Ujung2
nya duplikasi IMEI atau salah threatment (ter-detect IMEI smartphone,
aslinya mahal HP 100rb-an). Kusut gitu deh jadinya.

Demikian sekedar sharing..

Thx,

INDOSAT SUPER 3G plus
http://www.hostune.com