Ikut nimbrung ah... Imho juga nih.

Soal performa saya setuju. NAND biasanya lebih cepat dari micro sd. Tapi
ini hanya terasa jika micro sd tsb dipake utk apps, dalvik cache atau app
data yg perlu random read/write speed yg bagus pada file2 ukuran kecil yg
biasanya gak bisa dipenuhi oleh micro sd card.

Sementara utk dokumen/movie/photo/musik dll, yg diperlukan itu sequential
read/write speed dan umumnya micro sd gak ada masalah dgn hal ini (terutama
yg class tinggi). Jadi jika micro sd dipakai hanya utk simpan file2 tsb,
beda performanya gak akan terlalu signifikan.

Karena itu kalau mau performa yg terbaik, sebaiknya external storage hanya
dipakai utk dokumen/media/photo dll, jgn utk apps, data, dalvik cache dll.

Soal MTP, ini kan protokol file transfer yg berlaku utk internal dan
external. Jadi argumen external transfernya lelet karena pake MTP gak
valid, karena internal pun mengalami problem yg sama.

Debat soal internal vs external storage ini memang gak habis2. Masing2
punya plus dan minusnya. Yg jelas buat saya, external storage itu masih
jadi solusi murah utk menambah kapasitas storage. Device2 dgn external
storage juga memiliki keunggulan di faktor flexibility dan expandability yg
gak dimiliki oleh device2 dgn fixed storage.

Butuh ato nggak ya kembali ke masing2 aja, tp bukan berarti keunggulan2 tsb
gak valid.

Salam,
Yoshwar