Pak Bayu,

Merujuk pada kebiasaan di redaksi media, menurut saya, kondisinya
sebagai berikut:

* Kontributor berarti si penulis bukan berstatus sebagai karyawan tetap
perusahaan. Dulu, waktu masih rutin menulis di sebuah koran, status saya
juga kontributor.

* Karena tulisan tersebut dimuat di situs Forbes.com, berarti itu memang
"terbitan resmi". Tulisan itu seharusnya juga sudah melewati proses
penyuntingan.

* Tulisan opini, baik yang dibuat oleh orang luar (termasuk kontributor)
maupun karyawan tetap, tetap tidak mencerminkan opini perusahaan.
Pendapat itu bukan mencerminkan sikap atau jalan pikiran perusahaan.

Jadi, dalam hal ini, posisinya berbeda banget dengan Kompasiana.com.

Terima kasih.

Salam,

Herry SW