Kemarin saya pas unlock lancar aja replace apns-conf.xml nya om. Asal
ngikutin tutorial nya step by step pasti bisa.

1. Sinyal di saya juga hanya keluar simbol gsm, data lancar. Jadi mestinya
sama ga masalah.

2. Kalo bloatware kemarin saya rubah ekstensi nya pake .bak jadi ga
dibuang. Pengaruhnya nanti saat akan ada OTA update, mesti direname kembali
kalo ga mau stuck on boot. (Menurut thread di xda)

Kalo untuk custom rom sih mestinya ga masalah, walaupun saya saat ini masih
stay di stock rom aja. Udah enak soalnya :)

Hope that helps..