Kalau baca2 diskusi di link
ini<https://groups.google.com/forum/#!msg/android-platform/14VUiIgwUjY/UsxMYwu02z0J>,
salah satu alasannya adalah utk menghindari orphaned files (sampah)
dari
app yg diuninstall.
Selama ini uninstalled apps sering sekali meninggalkan file2 sampah yg gak
ikut terhapus saat app tsb diuninstall.
Makanya sekarang app tsb dibatasi hanya bisa write ke folder tertentu, gak
bisa bebas seperti sebelum2nya supaya saat app tsb diuninstall, semua
file2nya bisa ikut terhapus tanpa meninggalkan "sampah" tadi.

Tapi buat saya solusinya gak elegan sama sekali dan malah mengurangi salah
satu kelebihan utama Android, yaitu user diberi kebebasan utk mengatur
file2nya sendiri.
Dan hal ini membuat Android jadi kurang menarik utk dijadikan general
computing/content creation device, dan hanya sebatas media consumption
device saja.
Padahal hal ini salah satu keunggulan Android dibanding iOS.

Mungkin benar artikel yg saya pernah baca beberapa saat lalu (lupa
linknya), bahwa semakin sukses sebuah platform, akan semakin tertutup
platform tsb.
Tertutup disini bukan hanya berhubungan dgn open/closed system, tapi juga
membatasi kebebasan usernya utk menggunakan device sesuai apa yg mereka
mau. iOS style!

Dan soal open source, ini ada artikel (yg udah lumayan lama) soal open
source versi Google saat ini dan kedepannya bakal seperti apa.
http://arstechnica.com/gadgets/2013/10/googles-iron-grip-on-android-controlling-open-source-by-any-means-necessary/

Salam,
Yoshwar