yep, kemudahan investasi kita memang tertinggal.
biaya *tak terduga* banyak banget.

sampe saat ini,
xiaomi masuk *cuma* mau jualan.
gak ada cerita dia mau investasi pabrik dkk.
kalo sampe masalah sertifikasi perangkat aja mereka udah ngerasa *pain*,
lha gimana mereka mau expand *doing business* disini.

Galaxy S5, dijual gak jauh beda dengan rilis internasional.
LG G3 juga gitu, gak pake nunggu lama.
BlackBerry Z3, launching di jakarta duluan.

malah saya salut sama Brasil, xiaomi aja bisa dipaksa buat bangun pabrik.
sementara, Indonesia cuma dijadiin pasar doang sama xiaomi.

--
| ig/twit:@h4nafi | japri: ya[at]terserah.de | sent from moto°G° [4.4.4] |