Selamat siang teman2, mau share dan tanya nih,

saya beli moto x Verizon ini dari member milis ini, selama saya pakai
sangat puas, saya test GSM dan CDMA bisa. Saat ini saya memakai jaringan
AXIS. namun ada beberapa minus yaitu verizon bloatware yang cukup
mengganggu.
singkat kata, overal saya puas pake HP ini.

sampai suatu hari saya jalan2 ke kota casablanca, disana kebetulan ada uji
LTE dari XL, akhirnya saya kepingin test.
sebelum saya dikasih simcard LTE, mbak nya mau test dulu HP nya kompatible
dengan LTE pa ngga dengan cara pakai kode *#*#3606#*#*.
Pake kode tersubut hidden menu 'network info' ngga keluar (emang bener ga
bisa ya dari MOTO X?). Mbaknya akhirnya ngga jadi ngasi kartunya.

Karena saya penasaran, akhirnya saya donlod aplikasi ini 'Network'
https://play.google.com/store/apps/details?id=de.mangelow.network&hl=en
inti dari aplikasi itu sih cuma shortcut masuk ke hidden menu 'network
info'.

setelah saya tunjukan ke mbaknya bahwa di dropdown menu ada menu LTE nya,
akhirnya mbak nya ngasih kartu LTE tersebut.
saya masukin karu XL tersebut ke HP saya, tapi anehnya ngga dapet sinyal.
saya coba otak atik menu 'network info' tsb ada pilihan :
- Select Radio Band
> USA Band
> Cellular
saya coba pilih USA, tetep ngga bisa konek, pilih lagi ke Cellular tetep
ngga bisa konek.
akhirya saya menyerah dan saya balikin ke Kartu AXIS saya, dan anehnya katu
axis saya jadi tidak dapet sinyal, saya coba restart, pilih USA Band dan
Cellular, saya force WCDMA dan berbagai kondisi lainnya tetap tidak bisa
konek. bahkan ketika saya ke menu Settings > more.. > mobile Networks >
choose automatically muncul notifikasi bahwa 'Your SIM card does not allow
a connection to this network'.

Pertanyaan saya?
*1. Apa yg terjadi dengan HP saya? kalau dari asumsi saya sih, HP saya
kayak nge lock gt karena dipasangin kartu LTE nya XL, atau mungkin, gara2
settingan 'USA Band' dan 'Cellular' yang bikin nge lock.*

Lanjut cerita, Saya jadi agak dongkol waktu itu tapi akhirnya saya menyerah
pakai AXIS, saya ganti Smartfren dapet sinyal, tapi sinyal internet 1x dan
EVDO nya ngga muncul. Besoknya saya ke Galery smartfren sabang, kartu SIM
card SF saya diganti sama mbak2 nya yg manis (diganti dari HB ke PB) dan
akhirnya sinyal EvDO (3G) muncul. akhirnya!...

1 minggu kemudian, ada yang aneh, sinyal selalu nge lock ke 1x mulu, saya
paksa ke EVDO bisa konek jaringan, tapi ngga bisa internetan. saya bingung
lagi nih, akhirnya saya bawa ke galery SF lagi di sabang, sama mbaknya
kartu saya diganti lagi ke HB. HP saya balik lagi ga bisa konnek ke 1x dan
evdo, hanya bisa nangkep sinyal biasa. Saya beli kartu SF lain yang
berjenis PB dan saya pasang ke HP sekarang malah ngga bisa konek juga.

Sama mbaknya akhirnya diminta untuk diganti lagi kartunya ke SIM Card
Roaming international. Nah, kata mbaknya SIM Card tersebut jadinya besok
siang. Sambil menunggu besok, saya ingin sharing dan tanya2 sama suhu2 di
sini.

pertanyaan lanjutan saya, ini melanjutkan thread sebelah mengenai macam2
jenis Kartu Smartfren.
*2. beda kartu SF PB, HB, Internasional, CLS apa sih? frekuensinya aja atau
bagaimana?*
*3. kira2 HP saya kenapa lagi? asumsi saya, HP saya 'lebih terkunci' lagi
dari sebelumnya, yg tadinya hanya terkuncu GSM nya, sekarang CDMA nya juga,
terutama untuk 1x dan evdo.*
*4. kira2, kalau besok saya memakai kartu Roaming Internasional SF, apakah
masih bisa dapet evdo (3g)?*

*5. pertanyaan terakhir, cara balikin HP saya ke semula agar bisa GSM
(HSDPA) dan CDMA (EvDO) lagi gimana ya?*

Temen2, need help, pliz... :D

Untuk mas Arya Mada, besok bisa ketemuan ngga di SF Sabang pas lunch buat
benerin HP saya. Saya siapin oleh2 deh. :D

Regards,

Bayu Sanjaya