Sorry atas pernyataan saya, krn memang saya mengalaminya sendiri, selama
hidup saya smp sekarang yg namanya urusan ama birokrat yah spt itu, saat
saya cb sesuai prosedur yg ada lama beresnya.. Pdhl sesuai prosedur, semua
step udh diikutin dengan yg ada.. Yg ada malah dicari kesalahan.

Pernah kejadian di bandara, brg yg saya bawa ditahan di bc soetta, pdhl itu
hanya mainan untuk anak kecil titipan sodara, yg gak habis mikir knp mesti
ditahan, akhirnya setelah debat panjang lebar saya terpaksa telpon tmn
kakak, baru setelah dimaki maki dilepas, awalnya gak ada niat sama sekali
untuk menghubungi org tsb.

Di jalan raya, pada awal aturan tdk blh belok kiri lsg, yg mana saat itu
saya tidak tahu akan adanya aturan baru tsb, saat saya belok kiri lsg di
semprit ama pak pol yg dirinya jauh stlh belokan kiri tsb, tepatnya lampu
merah cideng, akhirnya stlh debat panjang lebar pak pol kekeh saya salah,
ok, saya blg saya minta surat tilang saya urus di pengadilan saja, malah di
minta brp aja seikhlasnya, yg mana saya kasih 5000 perak saja, bener 5000
perak, bisa dibayangin sgmn rendah moralnya??

Saat saya membuka usaha baru di tmp skrg, saat saya mau ajukan ijin usaha,
saya ikutin prosedur yg ada mulai dr ijin tetangga, sampai stop di
kelurahan, knp saya stop smp kelurahan, krn di titik ini mulai ada usaha ke
pungli, yg pd ujungnya saya tidak melanjutkan untuk mengajukan ijin, krn
saya udh keburu males, mendingan pura2 bloon. Pdhl saya niat buka usaha dan
agar org sekitar jg dpt berkerja walaupun gak brp banyak, pdhl waktu
awal2nya manis, minta kalau bs pekerjakan org lokal, saya sanggupin hal
tsb, tp makin hari makin menjadi.

Pada saat perubahan dr ktp biasa ke ktp konvensional, ayah saya menjadi
korban, di ktp yg lama ternyata tanggal lahir di ktp dan akte tidak saya,
stlh ditelusuri ternyata ada kesalahan input di saat bikin ktp yg lama,
saya udh laporan ke kelurahan ternyata prosedur yg ada tidak mengcover hal
kesalahan spt itu, jdnya ktp ayah saya terkantung2 smp skrg, ms diminta
ijasah sd smp sma untuk pembuktian, yg mana ayah saya cmn tamatan sd doank
dan ijasah2 tsb udh ilang saat kebakaran dulu, akhirnya nanya ke catatan
sipil, mereka juga lepas tangan, pdhl kesalahan yg menurut saya simpel
memang ayah saya tidak teliti saat mengambil ktp tsb itu juga disadari
setelah sekian lama, krn ayah saya sdh tua, akhirnya untuk hal spt
perpanjangan paspor selalu ditolak oleh imigrasi disuruh benerin dulu tgl
lahir di ktp, oleh org kelurahan dilempar ke instansi laen lg... Pd
akhirnya ayah saya udh males ngurus, dan skrg beliau udh males juga urus
paspornya, pdhl saat itu saya berniat ngajak ayah ngecek kesehatan ke luar.

Apa perlu saya ceritakan urusan saya dgn pns pns laennya? Lagian saya jg
gak blg 100% msh ada 1%nya bulan, apa butuh survey?

Jujur kalau Anda cmn blg saya blg cmn koar2 tanpa kasih solusi, saya tanya
balik apa dlm hal ini saya gak setuju mengenai ide pak ahok? Saya cmn udh
gregetan aja ngeliat kondisi bangsa ini. Saya bkn tipe pendemo2 di jalanan
yg triak2 tapi gak ada solusi.

Jd sory aja kalau komentar saya dianggap terlalu menusuk, tp itu realitas
yg saya hadapi.

Thanks.

Jd sekali lagi, kalau memang ada yg ngerasa pns dan tdk tmsk spt yg di dlm
99% saya pesan tolong pertahankan. Kalau ada yg ngerasa tersinggung dan msk
dlm 99% tsb yah tlg ubah sikap anda.

Sorry jd curhat.