Sekedar opini sama hasil baca² di internet...

AndroidOne dari Google ini memang menarik untuk dapat memberikan smartphone
murah untuk level menengah kebawah, target marketnya ke negara berkembang
dgn perkataan "supaya semakin banyak lagi orang di dunia ini yang dapat
menikmati smartphone."

Bnyk yang penasaran ngapain Google support project AndroidOne ini yang gak
akan menguntungkan Google secara significant?

Yang pasti adalah Google mentarget "jumlah users" sehingga semakin banyak
user, semakin luas lagi target mobile advertisement google, artinya more
value and income.

Google dgn sistematik di project AndroidOne ini memimpin para vendor
smartphone kelas menengah kebawah untuk dapat memproduksi AndroidOne dgn
harga terjangkau, dgn kata lain akan memotong margin keuntungan di bisnis
smartphone android saat ini..

Persaingan akan mulai terjadi, dimana harga akan di tekan rendah dan bisa
jadi akan merembet ke arah smartphone middle/high end...

Hal ini bisa menghambat research & development dari suatu vendor untuk
dapat berkembang di segi OS. Yang bisa jadi akan melawan balik popularity
Android.. ini yang juga di pikiran Google.

Hal ini tentu tidak akan terjadi secara cepat, butuh waktu sampai saat itu
terjadi, tapi Google adalah big company dgn uang yang tidak sedikit.. bisa
jadi direktur keuangan google mengelola duit yang lebih besar daripada
jumlah duit yang di kelola menteri keuangan negara kita, hahaha....

Dgn modal yang sangat kuat dan pasar yang sudah begitu meluas, google tidak
akan mengalami kendala berartinya untuk sekedar menunggu skenario ini
menjadi kenyataan.. sementara waktu, semakin banyak lagi orang di seluruh
dunia akan memakai android murah, yang tentunya akan memperkuat database
google.

Sekali lagi, database google bisa jadi lebih lengkap dari database suatu
negara, karena sudah mencangkup worldwide users...

So hoping the best for your smartphone!

--rc
sent with Note4
#samsungwillsavetheworld