Klo opini sy, justru krn mereka mikirnya terbalik, Om.
Brp sih jmlh populasi penduduk disana, dr jmlh itu, brp banyak yg mo beli
produk mereka? Dan berapa besar keuntungan mereka?
Dibandingkan dengan produk yg mereka jual ke pasar internasional, seberapa
besar kemungkinan keuntungan mereka?

Politik dumping ini dulu dipake di Jepang dengan alasan semangat
nasionalisasi.
Dan dgn cara itu, produsen di negara tersebut jadi bisa bayar gaji para
pegawainya, yang akhirnya jadi mensejahterakan sesama mereka juga.
Kemudian mereka jual produknya di pasar internasional yg kemungkinannya
justru keuntungannya bisa lebih besar lagi karena jumlah pembelinya jauh
lebih besar drpd jumlah penduduk mereka.

Klo di Indonesia, boro2 disuruh dumping, orang Indonesia bikin produk yg
sama jenisnya dgn harga yg lebih mahal saja sudah sepi pembeli. Klo
dipaksain dumping sama pemerintah Indonesia, gk lama bisa2 gelombang demo
bisa kya tsunami kali.
:D

Hehehe...
Eh.... kok malah lanjutin oot.
Maaf. :D
On Apr 11, 2015 12:04 PM, "Eko Prasetyo" <eko.m...@gmail.com> wrote:

> Agak aneh yah dgn policy disana.
> Seharusnya vendor lokal dapet insentif dari pemerintahnya. Toh sbg
> penyumbang pendapatan negara.
>
> Kalau di indonesia, sama saja dgn mematikan produksi dalam negeri.
>
> Sori jd oot
>
> Salam

>>> 2. Gadget/hh apa yg worth it buat dibeli disana? Berapa harga kisarannya?
>>> 3. Hal2 apa saja yang perlu diperhatikan kalau membelinya?