hello om yudi,

sebenarnya, cara kerja sebuah software pembaca layar (screen reader)
baik yang di android ataupun perangkat lain itu begini:
1. sebuah screen reader gak bisa jalan sendiri tanpa mesin suara
(speech engine).
2. screen reader akan membacakan tulisan dilayar dan outputnya berupa
suara. (mirip kerja manusia bila diminta membacakan).
3. pada screen reader ada fitur navigasi, ya itu navigasi baca dan
navigasi umum.
navigasi baca terdiri atas gerakan mengeja huruf, membaca perkata,
membaca per baris, membaca per paragraph dan membaca keseluruhan
text/document.
navigasi umum terdiri atas gerakan pindah antar item, pindah antar
link, judul, aktifasi item menu dll.

nah, semuanya ini keluarannya adalah berupa suara. suara dihasilkan
oleh yang namanya speech engine, atau dikenal juga text to speech
engine (tts).
tts ini ada banyak mereknya, tergantung perusahaan apa yang memproduksinya.
kalau yang memproduksi adalah perusahaan nuance comunication, maka
nama tts-nya salah satu contohnya adalah nuance vocalizer, yang
memiliki varian bahasa, termasuk indonesia.
nah, IBM juga punya, ya itu eloquence yang digunakan banyak pembuat
screen reader, termasuk code factory
www.codefactory.es

ternyata, google juga gak mau kalah, ia juga mengeluarkan tts yang
secara default, diikutkan pada versi androidnya, ya itu google tts.
samsung juga begitu, ia punya yang namanya samsung tts.

nah, tts-tts ini, akan dipakai oleh software screen reader.
juga ada buanyak merek screen reader, salah satunya adalah talkback,
yang berjalan pada platform android.
kalau di iOS, namanya voice over.

kalau buat pc, ada jaws for windows, NVDA dan banyak lagi.
kalau untuk linux, ada orca screen reader.

nah, buat tunanetra di indonesia yang menggunakan smartphone dengan os
android, mereka (termasuk saya) bisa gunakan talkback dengan tts
vocalizer berbahasa indonesia. kesemuanya ini, bisa diunduh dari
playstore.