Saat ini ada istilah P2P IPCam atau DVR / NVR. Yang mana memudahkan orang
untuk melakukan setting.
Awalnya saya juga bingung karena ga bisa membayangkan seberapa kuat server
yang harus disediakan untuk relay / streaming video dari ribuan camera yang
terkoneksi.
Setelah googling ada penjelasan bahwa teknologi yang digunakan semacam
model torrent atau skype. Jadi server hanya 'mempertemukan' saja
selanjutnya  terjadi koneksi langsung antar device tanpa melalui server.
Memang tidak tertutup kemungkinan hacker dan sebagainya, tinggal ditimbang
manfaat dan resikonya saja.
Ini hasil googling mengenai teknologi p2p dalam dunia cctv.

http://cctvcamerafactory.com/blog/p2p_ip_camera/

http://www.hkvstar.com/technology-news/how-does-p2p-ip-camera-work.html

Salam

Christian Wijaya