Izin share review smartphone yang satu ini ya...

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
*http://www.gontagantihape.com/2016/08/review-xiaomi-redmi-3x-panggil-namaku-3x.html
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/review-xiaomi-redmi-3x-panggil-namaku-3x.html>*

Hasil Kamera:
http://www.gontagantihape.com/2016/08/hasil-foto-menggunakan-kamera-xiaomi-
redmi-3x.html

Unboxing + Hands-on Video:
*https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E
<https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E>*

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-hJP_Yemj4R4/V8Oqw-U6MBI/AAAAAAAAFzU/vFfxNMtCvUUOxl8Nh-YbOHlYdnHKrqa1QCLcB/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_009.jpg>

Cap cip cup kembang kuncup... Sumpah saya bukan fluxcup!

Haha, ya perlu segitunya buat saya untuk akhirnya menjadikan Xiaomi Redmi
3x sebagai pilihan saya untuk menggantikan Xiaomi Mi 4c
<http://www.gontagantihape.com/2015/11/review-xiaomi-mi-4c-indonesia.html>,
yang saya rasakan perlu diganti karena mudah dibuka oleh anak saya akibat
tak memiliki *fingerprint scanner*.

Patut dimaklumi karena pada saat saya hendak menjatuhkan pilihan, ada
begitu banyak varian Redmi 3 di pasaran. Pastinya semuanya tidak bergaransi
resmi.

Ada Redmi 3, Redmi 3 Pro, Redmi 3s, Redmi 3s Prime, dan terakhir ya si
Redmi 3x ini. Apa saja bedanya? Baca terus ya sampai habis! Karena selain
mengulas penggunaan Xiaomi Redmi 3x, saya juga akan membahas perbedaan
semua varian Redmi 3 yang saya sebutkan tadi.

Oh ya kalo soal fluxcup, saya sebut-sebut soalnya sudah kesekian kalinya
video saya di Youtube dikomentari suaranya mirip fluxcup, sampai ada yang
bilang pantas ga pernah *upload *video *dubbing* lagi di *channel* fluxcup,
rupanya sekarang *ngeripyu *hape... Ha.. ha.. ada-ada saja.

Unboxing Xiaomi Redmi 3x

*https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E
<https://www.youtube.com/watch?v=wAp_f5Tm55E>*

Saking tak sabarnya, saya sampai melakukan proses *unboxing* dalam suasana
temaram. Hasilnya bisa dilihat di video di atas, *lighting*-nya belepotan,
he.. he..

Bentuk yang berbeda dari varian Redmi 3 lainnya, terasa lebih elegan,
adalah faktor utama saya akhirnya memutuskan membeli Xiaomi Redmi 3x.

Walau pada akhirnya lumayan menyesal juga, karena menurut saya tetap saja
varian warna *grey* yang paling *kece*. Nah, Xiaomi Redmi 3x ini belum saya
temukan ada varian *grey* dijual di toko online Indonesia. Mana harganya
semakin turun saja, ha.. ha..

Satu hal lagi yang membuat saya cukup menyesali keputusan saya, adalah
faktor bahan *metal* yang membuat saya harus membeli *case* pelindung. Nah,
kalau pake *case*, bagian terindah dari Xiaomi Redmi 3x ini tak terlihat
lagi deh. Kalau sudah begini, saya kadang menyalahkan diri sendiri kenapa
tak membeli Redmi 3s Prime saja, padahal warna *grey* ada.

Namun, nasi sudah menjadi bubur, saya harus menerima buah dari keputusan
saya sendiri. Walau sempat saya pasangkan *tempered glass color* yang
berwarna hitam di bagian depan dan terlihat lebih keren, akhirnya harus
saya lepas kembali. Bagaimana tidak, LED *notification*-nya tertutupi, ha..
ha.. Mungkin jodoh saya kali ini dengan warna putih saja, bukan dengan dia,
yang tak perlu saya sebut lagi namanya itu.

Berikut adalah foto-foto yang saya ambil di malam yang sama, silakan
dinikmati pemandangan indah ini ya.

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-xiD1W_MCq1M/V8OqyDepXGI/AAAAAAAAFz4/DNLK0S10lj8ErScfQl6fFKHEvDXNKUbOQCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_016.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - kelengkapan pada paket penjualan

Xiaomi Redmi 3x - dapat kepala *charger* 2A

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-5uyQEqkxQ3M/V8Oqx4x1_lI/AAAAAAAAFz4/h1lTmMKn3oAd0Sb3RqOF9a7PhjoUmPcBQCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_014.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - layar HD-nya dinyalakan, ada *list* hitam di pinggiran
layar

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-p3l8ng-oS1g/V8OqxEi4ZcI/AAAAAAAAFz4/VpyAcBw5nHIiYuqhOgDnw-3ofO62XlZUgCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_011.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - sisi atas: *noise cancellation mic*, *infrared port*, *jack
audio* 3,5 mm

Xiaomi Redmi 3x - sisi bawah, *port micro* USB dan *mic*

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-zPEol7yefBk/V8OqxOo1BDI/AAAAAAAAFz4/2h8UVySBM9omYZiiy8vGDmIJPpZt4663gCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_010.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - sisi kanan, tombol *power* dan *volume rocker*

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-8Se31gMmCuI/V8OqxYts0XI/AAAAAAAAFz4/hjVTWOZvVIcjJqgKH-pAsJHzBpJqANF7QCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_012.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - sisi kiri hanya ada *sim-card tray*

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-39KEGYWYfiE/V8OqwDM9Q7I/AAAAAAAAFz4/teWjX8sSY-w7efQ2o4nA5z92vTboUfRLgCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_005.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - sisi belakang, ada apa saja hayoo?

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-6jLDSC8zDdg/V8OqwPDOgoI/AAAAAAAAFz4/BdYKlg785U0N8Ltrf_sZcN5G1vZNuY0twCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_006.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - *chamfered metal*, yang bikin beda!

Xiaomi Redmi 3x - *chamfered metal maning!*

Xiaomi Redmi 3x - sisi belakang lengkap

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-0fYvO8sq6uU/V8OqwF84QOI/AAAAAAAAFz4/3VF-gIzmogw7kCcT9PP0dLGM2k4SiMtsgCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_004.jpg>

Xiaomi Redmi 3x - LED *notification* di bawah tombol kapasitif  yang tak
bisa menyala

Informasi Hardware dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 3x

Berikut adalah spesifikasi dan informasi *hardware* Xiaomi Redmi 3x yang
saya tangkap menggunakan beberapa aplikasi bantuan:

*AIDA64*:

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-VX7DxdYFU9A/V8OtJxpDMZI/AAAAAAAAF0I/0psUzv1HvNEkISLjvOfzB7R9QCrReYSOwCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-03-44-02_com.finalwire.aida64.png>

*CPU-Z*:

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-w-5vRecevAA/V8OtWJkXoqI/AAAAAAAAF0g/o6l9eOPFhPgldBTqxa0xmIyBOjogygvkQCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-03-43-12_com.cpuid.cpu_z.png>

*Sensor Box for Android*:

[image: Xiaomi Redmi 3x - Kelengkapan sensor]
<https://1.bp.blogspot.com/-YoZxCmcP_7c/V8Otfiv1qLI/AAAAAAAAF0s/mnZBVJhqzpQOQMNB0hoBNYJiQeUuWvqhgCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-03-46-36_imoblife.androidsensorbox.png>

Xiaomi Redmi 3x - Kelengkapan sensor

*Antutu Benchmark*:

[image: Xiaomi Redmi 3x - skor benchmark Antutu dalam kondisi banyak
apikasi terbuka]
<https://1.bp.blogspot.com/--uW-b2D1zZQ/V8OtjY3hpTI/AAAAAAAAF0w/JtMfUKYdqZIPLB_GwfMs8t6KFJu7I-VbwCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-04-19-05_com.antutu.ABenchMark.png>

Xiaomi Redmi 3x - skor *benchmark *Antutu dalam kondisi banyak apikasi
terbuka

[image: Xiaomi Redmi 3x - skor benchmark Antutu dalam kondisi baru
dinyalakan]
<https://4.bp.blogspot.com/-HbDEZddqrro/V8OtjdjqMPI/AAAAAAAAF00/NJFHXQtJTEEsivuFUg8Pug8IiIunhmxagCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-04-32-21_com.antutu.ABenchMark.png>

Xiaomi Redmi 3x - skor *benchmark *Antutu dalam kondisi baru dinyalakan

Xiaomi Redmi 3x, Perbedaan dengan Varian Lainnya

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-IpwcKFoSJOc/V8Oqvn0dS2I/AAAAAAAAFz4/TN0EQN68UEQola4ikKWzZ6jb86AmCHIxQCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_003.jpg>

Perbedaan Xiaomi Redmi 3x dengan semua varian Redmi 3 lainnya saya
tampilkan dalam bentuk tabel berikut ini:

Varian

Redmi 3

Redmi 3 Pro/Prime

Redmi 3s

Redmi 3s Prime

Redmi 3x

Body

Sisi membulat, bagian belakang kebanyakan ada pola diamond

Sisi membulat, bagian belakang polos

Sisi membulat, bagian belakang polos

Sisi membulat, bagian belakang polos

Sisi menyudut dengan chamfered metal, bagian belakang polos

Processor

Qualcomm Snapdragon 616

Qualcomm Snapdragon 616

Qualcomm Snapdragon 430

Qualcomm Snapdragon 430

Qualcomm Snapdragon 430

RAM / Memori Internal

2 GB / 16 GB

3 GB / 32 GB

2 GB / 16 GB

3 GB / 32 GB

2 GB / 32 GB

Garansi

Distributor

Distributor & Resmi TAM (Prime)

Distributor

Distributor

Distributor

Penggunaan Xiaomi Redmi 3x dalam Keseharian

Saya sendiri sudah dua kali mencoba Xiaomi Redmi 3
<http://www.gontagantihape.com/2016/03/review-xiaomi-redmi-3-indonesia.html>
sebelumnya.
Dan menurut saya, masalah layar, kamera, dan beberapa *hardware* lain
*feels*-nya sama. Hanya agak beda *feels*-nya saat digenggam, pastinya
karena faktor desain pinggirannya yang berbeda.

Namun, secara performa dalam penggunaan saya merasakan ada peningkatan.
*Lag* saat membuka *recent apps* dan berpindah aplikasi sudah hampir tak
terasa di Xiaomi Redmi 3x ini. Informasi yang saya dapatkan dari beberapa
akun *gadget *di media sosial, GPU dari *processor* Qualcomm Snapdragon 430
ini lebih bertenaga daripada yang ditemukan pada *processor* Qualcomm
Snapdragon 616 yang ada pada Xiaomi Redmi 3. Pada bagian sebelumnya juga
memang terlihat skor *benchmark* sintetis yang lebih tinggi mampu
dihasilkan Xiaomi Redmi 3x.

Satu lagi yang terasa sebagai hal yang positif adalah kendala notifikasi
telat tidak saya temui di Xiaomi Redmi 3x. Padahal tadinya saya sudah
bersiap melakukan proses *bootloader unlock* dan mau *flash custom* ROM
CyanogenMod atau Resurrection Remix lho. Untungnya, selain karena kedua
*custom* ROM itu masih belum stabil untuk Xiaomi Redmi 3x, ternyata MIUI
versi 7.5 yang digunakan masih mampu membuat saya nyaman dan
ter-*update* dengan
berbagai notifikasi yang hadir tepat waktu,

Mengenai daya tahan baterai, tak jauh berbeda rasanya dengan kemampuan
Xiaomi Redmi 3. Dengan pemakaian ala saya di hari sibuk bekerja, banyak
terhubung ke wi-fi, *bluetooth* menyala terus (dihubungkan dengan Xiaomi Mi
Band 2), jarang bermain *game* dan telepon, banyak membuka aplikasi media
sosial, dan sesekali berfoto-foto, baterai Xiaomi Redmi 3x mampu bertahan
hingga 37 jam dengan *screen-on-time* hampir menembus 5 jam. Ini dengan
baterai masaih tersisa sebesar 15% lho!

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-O-uluPU6o0U/V8OtxV3u_UI/AAAAAAAAF1A/RWZvsjTaY2U5ydr_vHKj7Tu4HAJM-QQaQCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-16-29-29_com.miui.securitycenter.png>[image:
review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://1.bp.blogspot.com/-cA79tsSXSM8/V8OtxZsWeTI/AAAAAAAAF08/32j4sU4PH64D7MHBKXdwOYf1_NE1ujt1gCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-23-16-29-35_com.miui.securitycenter.png>

Namun saat waktu saya luang, dan Xiaomi Redmi 3x ini banyak digunakan
(termasuk bermain *game*), daya tahannya agak menurun dan hanya mampu
bertahan 21 jam dengan *screen-on-time* sekitar 4 jam. Oh ya, kali ini
nyaris tak terhubung ke wi-fi (entah kenapa di riwayat penggunaan baterai
dieprlihatkan wi-fi menyala terus), dan jaringan 4G selalu menyala.

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-NU9krB46W0w/V8OuFL9uPDI/AAAAAAAAF1M/QbvKHj7M2Ng7SVD-xeufThnRmUD9lJz_gCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-25-00-57-01_com.miui.securitycenter.png>

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://4.bp.blogspot.com/-lcmnyAL_SSI/V8OuFKuT0eI/AAAAAAAAF1E/p5gn5Kz36hgZBayZkwL2M6FiJlZBOYe-QCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-25-00-57-34_com.miui.securitycenter.png>[image:
review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://3.bp.blogspot.com/-6LJlSlrHVE8/V8OuFCtb2MI/AAAAAAAAF1I/YEUP6mwE2BcAhutreEHWB4WGpMwHXuqtwCLcB/s1600/Screenshot_2016-08-25-00-57-47_com.miui.securitycenter.png>

Dari hasil pengukuran, Xiaomi Redmi 3x ini nampaknya masih belum mendukung
fitur *fast charging.* Namun dibekali kepala *charger* dengan kuat arus 2A,
proses pengisian daya terasa normal saja, tak terlalu lama.

Saat digunakan bermain *game* dengan grafis 3D yang lumayan berat, Xiaomi
Redmi 3x mampu melayani keinginan saya dengan baik. *Lock* GPS saat saya
hendak memesan Go-Jek juga cukup cepat dan tanpa kendala.

Posisi *fingerprint scanner* yang berada di punggung Xiaomi Redmi 3x terasa
*natural* saat *smartphone* ini saya genggam, Saat diletakkan di atas meja,
penggunaan Xiaomi Mi Band 2
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/mini-review-xiaomi-mi-band-2-indonesia.html>
terasa
sangat membantu karena saya dapat membuka kunci layar Xiaomi Redmi 3x
dengan mendekatkan *smartband* ini ke layar. Seandainya ada fitur
*double-tap-to-wake*, rasanya akan makin komplit deh.

*Fingerprint scanner* yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 3x memang tak sebesar
milik Vivo V3
<http://www.gontagantihape.com/2016/07/review-vivo-v3-indonesia-gak-overprice.html>,
namun masih sedikit lebih besar dari *fingerprint scanner* pada Infinix Hot
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/review-infinix-hot-s-indonesia-metal-fingerprint-terjangkau.html>.
Waktu responnya pun kurang lebih sama jika diurutkan dari yang tercepat:
Vivo V3, Xiaomi Redmi 3x, dan terakhir Infinix Hot S. Namun, entah saya
yang tak tahu caranya atau bagaimana, pada Xiaomi Redmi 3x, saya belum bisa
menggunakan *fingerprint scanner* ini sebagai *shutter* untuk kamera. Nah
soal kamera ini kita bahas di bagian selanjutnya yuk!

Hasil Kamera Menggunakan Xiaomi Redmi 3x

Kualitas foto-foto menggunakan kamera Xiaomi Redmi 3x dapat dilihat
langsung pada artikel hasil kamera Xiaomi Redmi 3x
<http://www.gontagantihape.com/2016/08/hasil-foto-menggunakan-kamera-xiaomi-redmi-3x.html>
berikut
ini.

Plus dan Minus Xiaomi Redmi 3xKelebihan Xiaomi Redmi 3x

   1. Body *metal* dengan desain yang lebih mempesona dari varian Redmi 3
   lainnya.
   2. *Fingerprint scanner* yang tergolong cepat dan akurat responnya.
   3. Memori internal yang cukup besar, 32 GB.
   4. Performa yang meningkat dibandingkan Redmi 3.
   5. Kamera Xiaomi yang memang baik untuk tingkat harga yang ditawarkan.
   6. Baterai besar, dan pada kondisi tertentu sanggup diajak bertahan
   lebih dari 24 jam.

Kekurangan Xiaomi Redmi 3x

   1. Sebetulnya hanya untuk dijual di China. Sehingga dipastikan takkan
   ada yang bergaransi resmi.
   2. Tombol kapasitif tanpa lampu latar.
   3. *Slot sim-card* kedua *hybrid*, giliran dengan *micro*-SD.
   4. Posisi *loudspeaker* di bagian belakang, suara rentan terpendam.
   5. Harganya sangat fluktuatif, membeli produk *smartphone* Xiaomi tak
   bergaransi resmi sekarang harus siap sakit hati, beberapa hari setelah
   membeli, harganya bisa sudah turun 10%.

Apa Kata Aa tentang Xiaomi Redmi 3x

[image: review xiaomi redmi 3x indonesia]
<https://2.bp.blogspot.com/-4rz6X8Z9-vQ/V8OqvpXZ7JI/AAAAAAAAFz4/tD7A7ooJwh0e1CHyvwoIQKhCGmG8wv7xQCEw/s1600/00_2016_08_gontagantihape_com_051_review_xiaomi_redmi_3x_indonesia_001.jpg>

Tak elok rasanya jika saya merekomendasikan *smartphone* garansi
distributor. Namun, faktor harga yang lebih terjangkau dan memang varian
Xiaomi Redmi 3x ini tak akan mungkin dijual bergaransi resmi di Indonesia,
saya jadikan alasan *ngeles* kali ini, ha.. ha..

Betul, memang masih ada varian Redmi 3s Prime yang RAM-nya lebih besar, ada
warna *grey* pula. Seandainya saya masih bisa memilih, saya pasti akan
membeli itu saja. Namun, jika harus menerima keadaan, saya cukup senang
dengan Xiaomi Redmi 3x ini, karena apa? Karena ikhlas adalah pangkal
kebahagiaan, ha.. ha..

Eh tapi serius, saya lebih memilih memori internal yang lega, daripada
mengejar RAM 3 GB. Menurut saya RAM 2 GB masih cukup untuk penggunaan
sekarang ini. Dan dengan uang sekitar 1,6 juta Rupiah, bisa jadi Xiaomi
Redmi 3x ini menjadi salah satu pilihan terbaik smartphone Android yang
dapat Anda beli saat ini.

Demikian *review* saya kali ini, semoga membantu memberikan pencerahan,
wawasan, atau setidaknya hiburan buat mata Anda ya, he.. he..

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */