Om, gak perlu beli barang mahal kayak gituan. Beli saja walkman biasa, yang
penting suaranya bagus. Saya sarankan beli yang SONY, karena reader head
nya kualitasnya bagus.

Untuk suara, jangan setting equalizer, maupun bass booster. Tapi jika ada
equalizer, set semua jadi flat, dan bass sama treble di set ke 50%
masing-masing, atau 25% masing-masing.

Walkman saya sarankan colok ke power supply, jangan pakai batere, supaya
kualitas suaranya konsisten. Untuk koneksi dari Walkman ke komputer, pakai
sound card line in interface. Kalau gak ada Line in interface, beli sound
card creative yang USB, harganya sebijik sekitar 75 ribu rupiah saja.

Saran saya, sebelum memulai rekaman, coba monitoring suara yang masuk dari
walkman ketika tidak ada kaset. Tapi tombol play ditekan. Ini gunanya untuk
melihat apakah ada noise banyak dari walkman? Biasanya sih ada. Hal ini
bisa diredam dengan mengurangi volume output, dan juga memasang TRAFO audio
output di antara walkman dan PC.

Trafo output bisa dibeli di toko elektronik, dan rakit sendiri. Nama trafo
nya OT-250 ataupun IT-200. Beli sepasang, karena anda butuh 1 biji untuk
channel suara kiri, dan 1 biji untuk channel suara kanan.

Solder sendiri trafonya. Fungsi trafo ini untuk menghilangkan beda voltase
antara PC anda dengan Walkman. Sehingga suara humming bisa totally hilang
dari output walkman, dan suara jadi super jernih.

Selalu pakai headphone yang bagus kualitasnya, untuk memonitor suara dari
output komputer, supaya rekaman anda kualitas nya optimal. Setel output
suara dari walkman sampai level yang kamu anggap nyaman dan optimal.

Saya pernah pengalaman beli USB cassete converter, hasilnya, saya kecewa
berat. Karena rekamannya jadi mono, dan kadang kecepatan playback nya tidak
konsisten, karena power dari USB kecil, sedangkan kaset saya sudah uzur,
agak keras kalau diputar. Sedangkan pakai walkman, kualitasnya bagus.

Btw, saya sudah membuang 100 bijik kaset, dan semua rekaman ada di dalam
google cloud saya. Lega rasanya bisa membuang segitu banyak kaset yang
menghabiskan ruang penyimpanan di kamarku.....

> dear, rekan-rekan
>
> mohon informasi bagi yang tahu dimana bisa beli USB casette converter
> (image terlampir). TKP : Surabaya
> thanks
>
> --
> sincerely yours,
>
> Josef Nday

Warm Regards,

*David Christian*

*~ Work to life, to love, and to serve ~*
*Send via Gadget powered by: Android*