Izin share review smartwatch murah yang satu ini ya..

Artikel di blog (foto lebih lengkap):
*http://www.gontagantihape.com/2016/10/review-sma-r-smartwatch-steel-band.html
<http://www.gontagantihape.com/2016/10/review-sma-r-smartwatch-steel-band.html>*

Unboxing video:
https://www.youtube.com/watch?v=6IOVjNJGCkA

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://1.bp.blogspot.com/-YtiCTxhuPgU/WAACKqHtv4I/AAAAAAAAGWs/QBMnTPgMGGooYVK_SfCtWo55GQc2Oc0pQCLcB/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_02-.jpg>

Lagi-lagi dapat *smartwatch* dari GearBest.com untuk saya ulas. Kalau dulu
saya dapat Zeblaze Crystal
<http://www.gontagantihape.com/2015/09/review-zeblaze-crystal-%3Ci%3Esmartwatch%3C/i%3E-cantik-sensor-lengkap.html>,
kali ini dapat dari merk SMA dengan tipe SMA-R *smartwatch*.

Lucunya, fungsi dan susunan menu antara kedua *smartwatch* tersebut sangat
identik, kalau saya tak salah ingat, pada SMA-R *smartwatch* hanya ada
sekitar dua buah menu ekstra saja yang tidak ada pada Zeblaze Crystal.

Unboxing SMA-R *smartwatch*, Cara Koneksi, dan Jadikan Remote Camera
Shutter & Viewfinder

Seperti biasa, prosesi buka kotak saya abadikan melalui sebuah video yang
dapat Anda saksikan setelah ini. Mohon maaf jika pencahayaan pada video ini
sangat minim, saya kebetulan sedang tak membawa perangkat *video lighting*,
hanya mengandalkan lampu meja saja jadinya, hehe.

https://www.youtube.com/watch?v=6IOVjNJGCkA

Pada video di atas, saya juga tunjukkan cara mengkoneksikan *smartwatch* ini
dengan *smartphone* saya. SMA-R *smartwatch* ini sendiri dapat dihubungkan
dengan perangkat iOS versi 8.0 ke atas, dan perangkat Android versi Kitkat
4.4 ke atas. *bluetooth* dari SMA-R *smartwatch* ini sudah mengusung
*dual-mode*, yaitu *bluetooth* 4.0 Low Energy dan *bluetooth* EDR 3.0.
Konon katanya dengan *dual-mode* *bluetooth* seperti ini, maka *smartwatch* ini
akan dapat dihubungkan dengan dua perangkat sekaligus, asalkan menggunakan
versi *bluetooth* yang berbeda tadi.

Untuk menghubungkan SMA-R *smartwatch* dengan *smartphone* kita, dapat
dilakukan dari menu BT setting pada jam pintar ini. Berbeda dari pengalaman
saat memasangkan *smartband* ke ponsel, proses menghubungkan *smartwatch* ini
ke ponsel justru diinisiasi dari sang jam pintar.

Sementara untuk mengoptimalkan fungsi *smartwatch* ini , kita harus
mengunduh aplikasi padanannya terlebih dahulu. Pindai QR *code* yang ada
pada *leaflet manual* atau yang ditampilkan pada menu *Download Apps* di
*smartwatch*.

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://4.bp.blogspot.com/-TQ8Lfu3-gzI/WAAIhbQiruI/AAAAAAAAGYo/ze_pJMfESCMvBBjvYYTDSTT_kWxlWVsTgCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_001.jpg>

Fitur paling utama buat saya dari SMA-R *smartwatch* ini tentunya sebagai
penunjuk waktu dan penerus notifikasi dari ponsel. Namun ada dua fitur yang
juga sangat berguna pada SMA-R *smartwatch* ini, yaitu pengukur detak
jantung dan sebagai *remote camera shutter* serta *viewfinder*.

Ya, dengan *smartwatch* ini, selfie akan jadi jauh lebih mudah. Bagaimana
tidak, kita bisa menjadikan *smartwatch* ini sebagai pengganti tomsis alias
tombol narsis. Tapi tak hanya itu, SMA-R *smartwatch* juga dapat menjadi
jendela bidik kamera ponsel kita, atau yang lumrah disebut dengan
*viewfinder*. Simpan ponsel Anda dengan kamera tepat mengarah ke wajah,
lalu Anda dapat melihat bidikannya pada *smartwatch* ini dan menekan layar
SMA-R *smartwatch* untuk mengambil gambar. Keren!

Berikut saya tampilkan foto-foto pada saat prosesi *unboxing* untuk
menunjukkan sisi demi sisi dari SMA-R *smartwatch* ini serta kelengkapan
dalam paket penjualannya.

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://1.bp.blogspot.com/--TJL4PulBb8/WAACulRT35I/AAAAAAAAGXM/S1rViZORbWsFuhzKJN0wFM3QmfVe4N-yACEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_028.jpg>

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://4.bp.blogspot.com/-kqbMXI1l7Q8/WAACuW6HPaI/AAAAAAAAGXI/gRaz5BNQpVgEOlQfbD2mWWdLZ0qYV19lQCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_027.jpg>

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://3.bp.blogspot.com/-oXtLxmzTIFs/WAACutKSokI/AAAAAAAAGXQ/2ubq7aNZy7w0jtgPbg2ctv3gDE4P96nJwCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_026.jpg>

Anda yang tertarik memiliki SMA-R *smartwatch* ini dapat mengklik link
menuju situs GearBest.com ini <http://goo.gl/p9Nxg8> dan membelinya di sana
dengan harga yang cukup terjangkau, sekitar $48 saja. Masih di bawah $50
sehingga Anda dipastikan tak dikenakan pajak saat barang ini masuk ke
Indonesia.

Penampilan SMA-R *smartwatch*

SMA-R *smartwatch* ini berbahan logam, termasuk *band* atau talinya. Saya
memang memilih versi *steel band* warna perak ini karena terlihat lebih
eksklusif daripada versi *leather*-nya.

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://3.bp.blogspot.com/-5gdYGSRE4m8/WAACtzs80yI/AAAAAAAAGXg/r36WTdLQbmccMLO41qRMYOyZCX6ntQ38ACEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_025.jpg>

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://3.bp.blogspot.com/-HkySoR4qtRs/WAACt5SC_VI/AAAAAAAAGXg/0uVpTVdvotsw8HpA42FqNGDjwTmsz6vyACEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_024.jpg>

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://3.bp.blogspot.com/-qD0GrI7Ro9g/WAACtm89W5I/AAAAAAAAGXg/aXTz0qp1Ca8r_XKNiQfHwXwMGYeEXgHjgCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_023.jpg>

Diameter dial-nya besar, bahkan tergolong besar untuk tangan pria seperti
saya (eh, saya pria seperti apa memang ya? haha). Namun anehnya, istri saya
dari sejak saya perlihatkan *smartwatch* ini sudah langsung menyewa petak
di sana, eh maksudnya langsung mengklaim bahwa *wearable* yang satu ini
hendak diambil alih kepemilikannya, hahaha.

Yang bisa simpulkan dari hal ini adalah bahwa dari sisi penampilan, SMA-R
*smartwatch* ini memang menawan. Selain itu, kita bisa memetik pelajaran
juga untuk tak menunjukkan *smartwatch* ini pada pasangan, agar tak disita
tentunya, hahaha lagi deh...

Saya baru menemukan pengait tali model seperti ini pada SMA-R *smartwatch*,
mungkin karena sebelumnya saya hanya pernah tahu *smartwatch* dengan tali
kulit, atau *smartband* dengan tali karet ya.

Untuk mengubah ukuran lingkar tali, coba angkat besi... Errr, angkat besi
itu cabang olahraga yang menyumbang medali perak di Olimpiade kemarin ya?
Maksud saya longgarkan bagian logam di pengait tali, lalu geser dan
sesuaikan dengan ukuran tangan Anda, setelah itu ketatkan lagi hingga
terdengar bunyi *klik*, dan selesai.

*Smartwatch* ini punya beberapa *watchface* standar yang bisa dipilih,
Caranya cukup nyalakan layar *smartwatch*, lalu pada mode jam, tekan dan
tahan layarnya, maka akan dimunculkan pilihan penggantian *watchface*,
lanjutkan dengan geser atau menekan tombol panah di layar hingga Anda
menemukan pilihan yang sesuai, lalu tekan tombol OK.

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://2.bp.blogspot.com/-iCOALDCYWp4/WAACvPKsG9I/AAAAAAAAGXU/UjYjDUVCw6ILVTzbDFTGNMR9GyyZyLMNgCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_029.jpg>

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://4.bp.blogspot.com/-JQDopq7Gwfw/WAAIkZMLQEI/AAAAAAAAGYo/wNkqZ1abayYa3WXMQGP1xQRBqYn8xQ3_wCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_014.jpg>

Spesifikasi SMA-R *smartwatch*

Berikut ini spesifikasi yang saya temukan di halaman produk SMA-R
*smartwatch* ini di GearBest
<http://www.gearbest.com/smart-watches/pp_373050.html?utm_source=youtube&utm_medium=fanfanH&utm_campaign=promotion>
:

   - *Processor*: Mediatek MTK2502
   - RAM: 128MB
   - ROM: 64MB
   - *Waterproof* IP54
   - *Bluetooth*: Dual-mode 4.0LE & EDR 3.0
   - Layar: IPS 1,3 inci, resolusi 240 x 240 *pixels*.
   - Baterai: 300 mAh

Fitur dan Menu SMA-R *smartwatch*

Pada bagian ini, saya akan bahas fitur dari SMA-R *smartwatch* ini
berdasarkan susunan menu yang dimilikinya ya.

[image: review SMA-R smartwatch gearbest]
<https://1.bp.blogspot.com/-S3UVCVDFmaQ/WAAIjXIqRaI/AAAAAAAAGYo/OgqAxxd9a8A7CUFg6eL9FlP_jVa9oB0ZQCEw/s1600/00_2016_10_gontagantihape_com_064_review_sma-r_smartwatch_010.jpg>
1. Stopwatch. 2. Calculator.3. Theme yang Dapat Diganti, terdapat tiga buah
tema tampilan menu *smartwatch* yang dapat kita pilih.4. Settings, pada
bagian ini kita dapat mengatur *volume*, kecerahan layar, dan lain-lain.5.
Siri, menu ini tak saya coba karena sepertinya akan butuh perangkat iOS.
iPhone 5C kantor sudah digunakan oleh teman kerja, Alhamdulillah kantor
sudah dapat iOS *developer *yang baru.6. Voice Memo, kita dapat merekam
suara pada menu ini. Hasil rekaman tersimpan di memori internal *smartwatch*
.7. App Download, kita dapat memunculkan QR *code* untuk dipindai oleh
ponsel. *Link download* aplikasi terdapat pada QR *code* tersebut.8.
Motion, pada menu ini kita dapat mengatur *gesture*, antara lain untuk
menyalakan layar dan membisukan panggilan masuk.9. Pedometer, tak seperti
pada semua *smartband* yang pernah saya coba, *pedometer* pada *smartwatch* ini
tidak otomatis bekerja, melainkan harus kita inisiasi dengan masuk menu ini
dan menekan tombol Start.10. Sleep Monitoring, pun demikian dengan fitur
ini, harus dimulai manual.11. Heartrate, pengukuran detak jantung
menggunakan *smartwatch* ini tergolong cepat.12. Sedimentary, kita dapat
mengatur seberapa lama jeda yang diperlukan sampai *smartwatch* ini
mengingatkan kita apabila terlalu lama duduk atau tak bergerak.13. BT
Camera, jika masuk ke menu ini maka akan diminta memilih antara Android dan
iOS. Di ponsel Android, begitu kita pilih menu ini, maka akan terbuka
aplikasi kamera khusus (bukan kamera bawaan), yang hanya dapat menggunakan
kamera belakang. Di *smartwatch* akan muncul jendela bidik alias
*viewfinder* disertai tombol *shutter*. Proses pengambilan gambar terjadi
cukup cepat tanpa *delay*. 14. BT Music, kita bisa memilih untuk
mendengarkan musik yang diputar di ponsel, apakah suaranya akan tetap
berada di *speaker* ponsel atau *speaker* *smartwatch* pada pengaturan
*bluetooth* *device* di ponsel. Pada menu ini akan muncul *remote music
control*, di mana kita bisa mengatur *volume*, *play* dan *pause*, serta
*next* dan *previous track*.15. BT, pada menu ini kita dapat mengatur
konektifitas *bluetooth* dari *smartwatch* ini termasuk mengatur
visibilitasnya, hingga mematikannya.16. File Manager, menu ini untuk
mengelola berkas hasil perekaman suara.17. Notification, pada menu ini kita
dapat melihat daftar lengkap semua notifikasi yang masuk.18. Find My
Device, menu ini berguna apabila kita lupa menyimpan ponsel kita di mana,
atau tertumpuk barang-barang lain. Asalkan masih dalam jangkauan sinyal
*bluetooth*, maka ponsel akan dibuat berdering.19. Alarm, kita dapat
menambahkan alarm pada menu ini.20. Calendar.20. Phonebook.
21. Dialer, kita dapat melakukan panggilan telepon dari menu ini. Hanya
saja apabila ponsel Anda dual-sim dan Anda tidak memilih kartu sim
*default* untuk
membuat panggilan (Anda memilih "always ask"), Anda tetap harus melakukan
pemilihan kartu sim mana yang hendak digunakan, pada layar ponsel.
22. Call logs.
23. Messages, menu ini menampilkan sms masuk yang sudah tersinkronisasi ke
*smartwatch* ini. Kita dapat membalas pesan singkat tersebut menggunakan
*template* yang sudah ada pada *smartwatch* ini, tak bisa mengetik pesan
baru ya, hehe..
25. ECG, ini adalah menu yang saya pun tak tahu apa maksudnya. Ha.. ha..
ha..26. Vibrator, menu terakhir ini adalah menu paling *absurd*. Tadinya
saya pikir ini buat mengatur apakah getaran mau dinyalakan atau dimatikan
saat ada notifikasi, namun rupanya pengaturan itu ada di menu Settings.
Semantara menu ini adalah untuk membuat *smartwatch* terus bergetar selama
Anda tidak mematikannya dengan menekan tombol Stop. Kira-kira kegunaan
*vibrator* buat apa ya? Ada yang bisa jawab? Mungkin Anda yang setiap hari
kesepian tanpa teman tahu apa gunanya, he.. he.. he..

Plus dan Minus SMA-R *smartwatch*Kelebihan SMA-R *smartwatch*:

   - Fitur lengkap.
   - Desain menawan dengan bahan logam dan *steel band*.
   - Layar IPS, reproduksi warna baik.
   - Ada *heartrate sensor*.
   - *Dual-mode* *bluetooth*.
   - Punya penyimpanan tersendiri. Dapat digunakan sebagai *voice
recorder* tanpa
   terhubung dengan ponsel.
   - Dapat mendendangkan lagu dari ponsel. Suara *speaker*-nya masih denger-
   *able* dan nikmati-*able* lho!
   - Dapat digunakan sebagai *remote camera shutter* dan *viewfinder*.
   - Dapat digunakan sebagai *bluetooth* headset, seakan-akan Anda sedang
   mengobrol dengan jam tangan, haha.
   - Notifikasi ditampilkan lengkap dengan isinya, tak hanya ikon saja.
   - Sudah ada *accelerometer*, sehingga setiap kita mengangkat tangan
   untuk melihat jam, layar akan menyala otomatis.
   - Ada *vibrator*-nya! Wow! Dahsyat! Malam-malam kesepian pun sirnalah
   sudah.

Kekurangan SMA-R *smartwatch*:

   - Terlalu banyak fitur dan hadirnya layar penuh warna, menyebabkan
   baterai cepat terkuras habis. Dalam pemakaian saya hanya bisa bertahan
   paling lama dua hari saja.
   - Di bawah terik matahari, layar kurang terlihat.
   - Ukurannya terbilang bongsor.
   - *Charger* yang disertakan kurang mampu menempel dengan kuat, mudah
   terlepas.
   - Belum tersedia di Indonesia, saat ini baru bisa dibeli di GearBest
   <http://goo.gl/p9Nxg8>.

Apa Kata Aa tentang SMA-R *smartwatch*

Kesimpulan saya cuma satu, jangan sampai pasangan Anda melihat
*smartwatch* ini,
nanti disita lho! Ha.. ha.. ha..

Hilmy
/* saya suka Gonta Ganti Hape <http://www.gontagantihape.com> */