Semenjak menggunakan smart phone, saya tidak pernah mematikan handphone
(off).
Biasanya hanya saya set ke Airplane Mode.

Hal tsb saya pilih karena menyalakan smartphone dari posisi off membutuhkan
waktu yang relatif lama.

Menurut saya, tidak ada alasan yang signifikan untuk mengisi batterry
smartphone pada posisi off, karena pada posisi Airplane Mode Off hampir
tidak ada aktivitas yang menyedot daya.

***  ***
Bambang