Saya bukan master, tapi mau ikutan jawab ya :D

Menurut saya untuk anak cukup dengan MacBook Air 11, beberapa taun lalu
saya lepas i5 2012 di 7jt an kalo ga salah. Layarnya masih okelah buat
sehari2 walaupun belum retina, terlebih sangat kompak & enteng.

Cycle count buat saya ga penting. Beberapa kali punya Mac dengan pemakaian
asal dan pemakaian super eman (sering colok listrik seharian) malah
batrenya lebih awet yang full cabut, abis batre colok lagi.

Kelebihan Mac? Anda beli Mac 8jt taun depan mungkin masih bisa laku 6-7jt,
kalo Windows (selain Surface mungkin) beli 8jt taun depan belum tentu ada
yang mau ambil di 5jt.

*Menatatap nanar leptop Lenovo Yoga, SONY VAIO, & Dell di laci lemari *_*

Untuk sistem operasi, saya yang native Mac dari 2005 mungkin udah ngerasa
biasa ya. Bahkan sejak Win10 saya ngerasa udah mirip2 user experience nya
(dulu sih bawaannya pengen marah2 mulu kalo kerja pake Windows) XD

Cuma kalo beli Apple computer harus siap dulu, ini perusahaan jahat banget.
Beberapa kali kita ditusuk dari belakang. Dari optical drive yang jadi
mati, wifi yang ngadat setelah update OS sampe kext (driver?) yang sengaja
dimatiin biar gabisa konek device tertentu ke Mac kita :))

On Jun 18, 2017 6:47 PM, "Otong Tjahjono Witjaksono" <otongwi...@gmail.com>