Izin share review smartwatch Android ini ya.

Review Video:
*https://youtu.be/5swUS_ceYN0 <https://youtu.be/5swUS_ceYN0>*

Artikel di blog:
http://www.gontagantihape.com/2017/07/review-smartwatch-zeblaze-thor.html

---

<https://3.bp.blogspot.com/-_aAuqkBBu7I/WWh1m8t4kmI/AAAAAAAAK9w/4lckWQWiyYk_r993vOp_KN238SISiW_ZQCLcBGAs/s1600/title_video_160r.jpg>

Karena kebanyakan respon pada komentar yang mengiyakan, akhirnya GearBest
mengirimkan lagi sebuah smartwatch berlayar AMOLED untuk saya ulas.

Sebelum Anda membaca review smartwatch yang satu ini, saya sarankan untuk
membaca dulu ulasan tentang smartwatch DM368 yang saya tulis beberapa saat
lalu.

Ya, karena kurang lebih, fitur dari Zeblaze THOR ini sama saja dengan
DM368. Adapun kelebihan dari Zeblaze THOR ini ada pada RAM dan Internal
Storage yang lebih besar dua kali lipat, menjadi 1 GB untuk RAM dan 16 GB
untuk storage-nya. Selain itu, layar Zeblaze THOR juga sudah dilindungi
lapisan Gorilla Glass, meskipun saat baru diunbox, smartwatch ini sudah
dipasangi juga anti gores berupa plastik tipis, he.. he..

Hanya itu? Ternyata tidak. Pada sisi kanan smartwatch ini kita dapat
menemukan sebuah bulatan yang ternyata adalah lensa kamera. Wow, ini mah
sudah benar-benar kaya smartphone saja. Kualitas kameranya terbilang cukup,
asalkan mendapat pencahayaan yang juga cukup.

Kalau setelah tahu smartwatch ini memiliki kamera, lalu Anda terbayang akan
dapat mengintip gebetan Anda yang duduk di meja sebelah menggunakan Zeblaze
THOR ini, selamat! Pikiran Anda kurang lebih sama dengan saya, ha.. ha..

Dengan adanya lensa kamera ini, maka tombol power pun digeser sedikit lebih
ke atas. Dan ini adalah satu hal yang sangat saya syukuri. Pada DM368 lalu,
penempatan tombol power tepat di sisi kanan bagian tengah membuat
smartwatch tersebut sering mati sendiri, karena tombol power ini tak
sengaja tertekan lama saat saya menekuk pergelangan tangan saya. Jadilah
ini satu kelebihan lainnya yang dimiliki Zeblaze THOR dibanding DM368.

Untuk urusan software, bisa dibilang Zeblaze THOR dan DM368 itu sebelas dua
belas. Nyaris tak ada beda selain urusan skin dari interface-nya saja.
Fitur-fitur seperti yang ada pada DM368 ada semua di Zeblaze THOR, kecuali
fitur untuk menampilkan menu dengan ikon bulat yang mengitari tampilan jam.
Ya, di Zeblaze THOR, menu hanya dapat ditampilkan dalam bentuk list
memanjang secara vertikal.

Sementara itu, pilihan watchface yang dimiliki rupanya berbeda sama sekali
dengan apa yang ada pada DM368. Overall bagus-bagus dan saya lebih suka
pilihan watchface pada Zeblaze THOR ini.

Secara umum, saya pun lebih menyukai penampakan dari Zeblaze THOR ini yang
terlihat sangat sporty berkat strapnya yang terlihat menyatu dengan
dial-nya. Namun sayang, ini juga yang jadi kelemahannya, saya melihat strap
ini memerlukan obeng untuk membukanya, selain itu bentuknya juga tak umum,
sehingga besar kemungkinan tak mudah mencari strap gantinya, tak seperti
DM368 yang bisa diganti dengan tali jam biasa.

Terlepas dari kekurangannya itu, sebetulnya strap-nya sangat nyaman di
permukaan kulit, serta tampilannya terlihat keren dengan bagian dalamnya
yang beraksen merah menyala.

Slot sim-card di sisi belakang smartwatch ini juga memerlukan obeng kecil
untuk dapat membukanya, sehingga Anda akan cukup kerepotan apabila ingin
mengganti kartunya. Dan dapat dipastikan bahwa smartwatch ini tak
waterproof, sayang sekali memang.

Sejauh pemakaian saya, ini adalah hal yang paling tak membuat nyaman. Saya
tak suka melepas smartwatch ini saat hendak wudhu dan mengantonginya dulu
di saku celana saya yang sempit. Ini adalah alasan saya selama ini lebih
suka menggunakan smartband, karena tak perlu seringsering dilepas.

Dengan konsumsi daya yang juga mirip-mirip dengan DM368, sama-sama memiliki
penghitung detak jantung yang cepat, menurut saya rasanya lebih baik
menambah $20 lagi untuk memiliki Zeblaze THOR. Ya, dengan selisih harga
seperti itu, kita sudah mendapat RAM dan storage yang lebih besar, dan
sebuah kamera pula.

Tinggal saya nih yang galau, mau lanjut pakai apa tidak. Soalnya ga
waterproof euy!

Kalau Anda sudah menentukan pilihan dan ingin memilikinya, saya menyertakan
link pembelian kedua smartwatch ini di GearBest ya. Semoga membantu.

Zeblaze THOR: http://smarturl.it/GB_ZEBLAZETHOR

Domino Marvel DM368: http://smarturl.it/GB_DM368

Demikian review dari saya, hatur nuhun!

Hilmy