Sebenarnya saat ini, sebagian besar operator seluler sdh tdk membangun
tower sendiri, umumnya para operator seluler menyewa ke Tower provider, dan
tower provider ini tdk hanya menyewakan untuk 1 operator, mereka bisa
menyewakan sampai 2-3 operator seluler untuk 1 tower. Permasalahan untuk
daerah2 terpencil/pelosok bukanlah di masalah sewa tower ke tower provider,
permasalahannya adalah backbone/jarigan akses ke tower pelosok itu yang
mahal investasinya. Jadi kalo tidak bisa bangun backbone/akses ke tower
tsb, ya nyewa ke backbone provider. Jadi kebayangkan misalnya pasang bts di
daerah terpencil yang kurang pelanggannya dan harus membayar sewa akses
FO/satelit, sangat mungkin biaya bayar sewa akses jauh lebih mahal di
banding pendapatan di BTS tsb.

itulah mengapa opeator seluler lebih memilih pasang bts di kota2 besar saja
yang demandnya tinggi, krn investasi di backbone sangat besar. Harga sewa
tower sendiri kemungkinan mengikuti harga sewa properti, untuk daerah
tengah kota akan lebih mahal di banding tower di pinggiran kota atau daerah
pelosok.