Persewaan apartemen sudah sejak lama berlangsung biasanya pakai media koran
atau selebaran. Bahkan sekarangpun masih, coba cek Kompas iklan baris. Saya
yakin saat itu juga tidak dikenakan pajak karena memang tidak ada
aturannya.
Yang berubah adalah cakupan coveragenya. Dulu hanya dibatasi dengan
jangkauan koran tapi sekarang dengan adanya internet bisa jauh lebih luas.

Jangan salahkan pelaku industri yang bisa dengan jeli memanfaatkan pasar
dengan teknologi. Saya tidak setuju dengan model blocking, ini kelalaian
pemerintah untuk antisipasi kemajuan teknologi sebagai bagian dari
innovative disruption.
Hal yang sama terjadi dengan fenomena gojek dan tokopedia.

Cepat berbenah, siapkan aturan yang sesuai. Dan antisipasi untuk kejadian
yang sama di masa yang akan datang.

Just my 2 cents

-anto

Virus-free.