> port USB di computer ada yang kuat untuk angkat HDD external ada yang gak
kuat, sehingga harus colok port USB yang lain atau adaptor ekstra untuk
nambah power ke HDD external.
Secara spesifikasi asli, port USB 2.0 itu cuma menyuplai maksimal 5v/500
mA, sedangkan untuk HDD eksternal banyak yang minta 800 mAh (untuk HDD-nya
saja, belum termasuk untuk sirkuit di PCB), jadi tentu butuh 2 port USB.
Sebenarnya sudah diatasi oleh USB 3.0/3.1 gen 1, yang mana bisa menyuplai
sampai 900 mA. USB 3.1 gen 2 bisa lebih dari itu, 5000 mA via USB Power
Delivery. (https://en.wikipedia.org/wiki/USB)

> tapi tidak ada keharusan bagi tiap produsen untuk mengimplementasi fitur
USB secara lengkap
Ini sebenernya bahaya, kalau orang liat port USB, asumsinya sama, pokoknya
begitu ditancapkan, bekerja dengan baik di perangkat manapun. Dengan adanya
produsen nakal yang keluar dari spesifikasi asli, bisa membahayakan
konsumen, contohnya ada kabel USB tipe C yang tidak sesuai spesifikasi, pas
dipakai untuk mengisi daya laptop, ada yang tidak bisa mengisi daya, atau
malah sampai laptopnya rusak (meskipun pakai adapter
asli):
https://arstechnica.com/gadgets/2016/02/google-engineer-finds-usb-type-c-cable-thats-so-bad-it-fried-his-chromebook-pixel/