Saya sekarang pakai One Plus 6 yang 256GB. HP lain nya, Note 8, yang cuma
32GB, plus memory card 128 GB. Tablet S3 yang 32 GB plus memory card 128 GB.
Untuk HP, mostly isinya foto-foto saya. Baik foto yang dari DSLR yang
post-processing, ataupun foto dari HP itu sendiri. Selain itu beberapa
movie untuk menemani perjalanan jauh. Biasanya berupa movie offline dari si
Netflix.

Untuk Tablet, mostly dokumen PDF, Majalah2 (PDF terenkripsi sama
pustakanya), Beberapa film, dan MP3. Dan selain itu tablet juga berisi
foto-foto format RAW dari DSLR untuk diproses di sana (Processing darurat,
biasanya pakai mekkie untuk processing yang lebih cepat dan bagus hasilnya).

Untuk Note8, isinya lagu2 dan foto2 dan video2 shooting dari kamera HP
saja. Juga ada video2 dari Drone saya.

On Thu, 7 Jun 2018 at 11:34, Jim <jim96.mi...@gmail.com> wrote:

> 32 internal + 64 external lah kalo sekarang. Yang bikin boros itu poto
> apalagi kalo HDR. Apalagi kalo rekam video.
>
> Masalahnya kalo simpen cloud, iya kalo dia gak bubar. Kalo bubar, ya
> wassalam semua datanya.
>
> Sdcard class 10 memang tidak satu speed,
> Sandisk paling kenceng ya extreme warna gold, minimal yang warna merah
> hitam. Selain itu pasti pelan.

Warm Regards,

*David Christian*

*~ Work to life, to love, and to serve ~*
*Send via Gadget powered by: Android*