On Thursday, July 12, 2018 at 5:22:49 PM UTC+7, Rudy Tjandra wrote:

> anomali. saya juga bingung sekitar 2 tahun lalu mayoritas smartphone
> kelas menengah ada NFC (kecuali brand cina). Sejak tahun lalu NFC jadi
> fitur premium (naik kelas)entah kenapa. padahal sekarang fitur ini
> sangat penting karena maraknya penggunakan electronic money

2017 mencoba menanamkan banyak fitur pada hape kelas menengah. lalu android
one naik kelas ke spesifikasi medium dengan RAM dan ROM lebih besar.
otomatis, fitur NFC pun 'naik kelas' seakan haram ditanamkan pada hape
setara android one.

selama NFC belum jadi ujung tombak pembayaran elektronik, selalu akan
menjadi fitur ekstra. karena pembayaran elektronik yang naik daun adalah QR
pay

--

--jim.