Yang perlu diketahui dari tipe antena WIFI.

·         Antena WIFI router adalah Omnidirectional atau membuat pancaran
signal melingkar ke segala arah. Bentuknya seperti satu tiang antena saja

·         Sedangkan perubahan jarak antena ke satu arah mengunakan antena
Directional Wifi (mengarah ke satu arah). Dibuat dengan reflektor untuk
memantulkan signal menjadi lebih kuat.

·         Untuk memperkuat signal WIFI dapat ditingkatkan menjadi Yagi Beam /
Gain antena atau antena parabola untuk memperkuat dan menerima signal lebih
besar. Mengunakan kekuatan dB. Umumnya digunakan untuk koneksi 2 perangkat
dengan sinyal jarak jauh.

Yang perlu diketahui dengan signal WIFI dengan antena

·         Signal WIFI mengunakan frekuensi 2,4Ghz atau 5Ghz (tipe dual band
router), antena WIFI umumnya berukuran kecil dengan jarak jangkauan pendek

·         Signal WIFI dapat diarahkan ke segala arah seperti antena
Omnidirectional. Ketika antena wifi dirubah dengan reflektor seperti ditaruh
plat aluminium pada belakang antena, praktis bagian belakang akan menurunkan
kekuatan signal WIFI. Sedangkan arah yang diarahkan oleh reflektor akan semakin
besar. Jarak signal WIFI ke satu arah akan lebih jauh diterima oleh perangkat
lain.