hampir di semua negara di dunia implementasi 4G tidak merata tapi mereka
juga sudah mulai implementasi 5G .. karena fitur yg diberikan oleh 5G
terlalu banyak untuk dihiraukan ..

that being said .. tujuan utama 5G bukan untuk common user seperti kita
memang .. 5G lebih kepada Internet of Things ..kalau untuk common-user, 4G
sudah lebih dari cukup ..

ini ada demo-case dari tempat saya kerja yg menunjukkan salah satu impact
dari implementasi 5G ke kehidupan seseorang ..

https://www.youtube.com/watch?v=rfsX-ZAx5sM&feature=youtu.be&fbclid=IwAR3BVmlIHChd_bJeZsxQ_77_vUe9RO_6Z2404-15Rme3rx2QsFhMCvNgDoM

On Wed, Dec 2, 2020 at 2:07 AM Arif Rakhman <bloggergariske...@gmail.com>
wrote:

> Tanpa bermaksud mengecilkan dan mengesampingkan mereka yang rutin memantau
> dan bahkan mengerjakan langsung implementasi 5G di Indonesia, 4G aja blom
> merata di Indonesia. Jadi kalau tahun depan ada ponsel masih 4G namun
> memiliki spesifikasi lain yang menarik, masih layaklah untuk dilirik dan
> dibeli. Apalagi konon salah satu komponen termahal ponsel 5G ya modem 5G
> itu sendiri. Jadi terasa mubazir kalo beli hape 5G jaringannya blom ada.

> [...]

Best Regards
Arianto C Nugroho
http://id.linkedin.com/in/ariantonugroho