Sebenarnya kalau dari segi penampilan dan specs Xiaomi flagship
Mi11 kelihatan mumpuni dan menjanjikan, dari segi harga pun terbilang
sangat murah ya 10juta, tapi Flagship Xiaomi sejak hadirnya Mi9 Mi10 ini
saya pribadi belum tertarik untuk pakai lagi sebagai daily driver.
Menurut saya untuk kesan dan pesan dari pemakaian dari user itu bergantung
sekali dari pola pemakaian dan kebutuhan aplikasi nya, sehingga pengalaman
masing-masing user akan sangat berbeda.
Dengan banyak nya brand dan tipe hape flagship pada saat ini, menurut saya
pesaing nya memang banyak dan sangat susah untuk menentukan smartphone mana
yang harus di pilih, terlepas dari kesan gaya hidup semisal *prestige* ketika
menggunakan sebuah smartphone terbaru yang baru saja diluncurkan.

Untuk saya pribadi terakhir penggunaan flaghip Xiaomi Mi8 yg Explorer
edition, yang belakang nya kaca transparant itu di awal tahun 2019.
Penggunaan singkat, 3 bulan saja, untuk menggantikan device iPhone saya
yang tiba-tiba rusak dan harus di service dan menunggu device pengganti
yang memakan waktu. Karena mepet nya waktu dan butuh smartphone untuk daily
driver segera, saat itu saya tertarik untuk menggunakan Mi8 Explorer
edition ini, dari segi specs sangat bagus di jaman itu, fitur mumpuni, dan
harga termasuk miring.
Mengapa pemakaian hanya 3 bulan saja? Karena ternyata saya merasakan
beberapa kendala di pemakaian HP tersebut antara lain : adanya bloatware
iklan, single speaker yg kurang kencang, dan dari sisi MIUI entah mengapa
banyak kekurangan ketika pairing dengan headunit mobil saya, semisal ketika
ada panggilan masuk, selain panggilan telepon langsung, MIUI ini tidak mau
menampilkan nomor dari penelepon di headunit, lalu kendala tidak dapat
pairing dengan smartband yg saya gunakan sejak lama. Yang terakhir performa
kamera nya lambat, beberapa moment saya gagal capture gara-gara hasil
capture nya terlambat, dan tidak dapat mengabadikan moment tersebut.
Padahal dari segi performa mesin gegas, baterai juga kuat untuk seharian,
charging nya juga cepat sekali, charging tercepat yang pernah saya rasakan
di kala itu. Yang terakhir, dimasa tersebut accessories untuk hape tersebut
sangatlah jarang dan sedikit.

Ujung-ujungnya di tahun 2020 setelah gonta ganti hape android beberapa
kali, saya kembali pakai iPhone karena ada beberapa aplikasi pendukung
kerjaan yang jauh lebih stabil di iPhone.

Untuk pemakaian Xiaomi dengan MIUI bukan sebagai hape utama saya masih
menggunakan Redmi Note 8 Pro, yang akhirnya awal Pandemi C-19 saya relakan
untuk digunakan sebagai hape untuk sekolah anak sampai saat ini.

Tapi karena kesan ketika menggunakan Mi8 Explorer di kala itu yang kurang
cocok, sehingga sampai saat ini saya belum tertarik lagi untuk menggunakan
seri flagship Xiaomi sebagai daily driver lagi.