Culprit:
- Ini karena si adapter type-C female ke micro USB male tidak dilengkapi
dengan pull down resistor.
- Beberapa brand sudah dilengkapi dengan resistor ini, contoh brand yang
saya punya yaitu Choetech.

Penjelasan panjang:
Di protokol Power Delivery (PD), menggunakan charger type-C dan kabel C-C,
ketika kabel disambungkan ke perangkat maka akan ada negosiasi berapa
tegangan yang diperlukan oleh perangkat. Karena adapter type-C female ke
micro USB male ini tidak dilengkapi dengan resistor maka proses negosiasi
tegangan ini tidak akan berjalan dan tidak ada arus yang dikirimkan ke
perangkat. Protokol PD mensyaratkan resistor ini untuk mendapatkan tegangan
minimal, yaitu 5V. Cuma masih ada beberapa perangkat elektronik yang tidak
dilengkapi dengan resistor ini sehingga tidak bisa charge menggunakan kabel
C-C tetapi bisa menggunakan kabel A-C.

Mengapa dengan charger type-A dan kabel A-C bisa?
Ini karena tegangan 5V selalu ada di kabel A-C tanpa proses negosiasi, jadi
tidak ada masalah dengan perangkat yang tidak dilengkapi dengan resistor
ini.