>open-smtp, pada prinsipnya dipakai untuk 'mengabaikan' rcpthosts di
>/var/qmail/control dengan cara set variabel $RELAYCLIENT berdasarkan
>source ip dari user saat mengakses pop3.

sama dengan relay-ctrl....saya pilih ini karena itu semua dari satu author..
bruce guenter....(vmailmgr, relayctrl, qmail+patches, daemontool dll)

>Sejauh pengetahuan saya, open-smtp (pop before smtp) memerlukan
>patching checkpassword. Kalau pakai vmailmgr bagaimana melakukan ini?
>hehehe sorry malah ganti nanya :-)

relay-ctrl akan di masukkan dalam /var/qmail/control/checkpassword
is di run setelah checkvpw di jalankan
trus relay-ctrl-age akan di run tiap 15 menit....untuk refresh ip yang boleh
relay...
pada prinsipnya sama saja...:)

>Ini untuk public-smtp-nya telkom.net?

iya nih...di underground milist pada mau nyobain relay+anonymous mail ke
sini :(

--
Wassalam,
[Arisandy] [[EMAIL PROTECTED]] [#7313295]