Salam..

Tempat saya pake linux+ip_masq buat gateway ke internet, kalau pake ini
buat mbatesin client bisa pake ipfwadm.
Belakangan saya coba install proxy, pake squid, masih belum transparant
sich (saya juga belum ngerti maksudnya transparant apa enggak), yang jelas
diclientnya harus diset manual proxy, masukin address linux + nomor port
proxynya.
Ternyata kalau sudah pake proxy, setup yang sudah saya set pake ipfwadm
tidak berlaku lagi, apa betul kayak gitu ??
Jadi setiap client yang saya set proxynya ke linux saya, bisa browsing
dengan bebas walaupun saya sudah block pake ipfwadm.

Gimana sich cara ngeblock client di squid proxy??, bisa nggak kumpulan
client yang diijinkan dimasukkan ke satu file, terus configurasi
disquidnya merefer ke file tsb.

Terima Kasih

SI-POER