On Sat, 9 Jan 1999, Rony Ferdiansyah wrote:

>   ui? gak tau ya .... tapi kalo bppt, lapan, lipi udah duluan pake paket
>   radio

kalau soal duluan, lapan memang perintis packet radio baru menyebar ke
yang lain. dalam konfigurasi awal, LRB (lapan rancabungur, bogor)
merupakan penghubung jaringan bandung dengan jakarta, karena LRB
berhubungan dengan ITB di bandung sebagai gerbang ke node lain di bandung
dan dengan BPPT (default) dan UI (tambahan) di jakarta.
perkembangan berikutnya, setelah bung Onno WP pulang, packet radio makin
berkembang pesat di bandung dan daerah - daerah lain.
Saat ini, di UI sedang ada perintisan kembali packet radio oleh mahasiswa
UI yang terbuka juga untuk yang lain. yang sudah dibicarakan kalau nggak
salah dengan IPB dan Budi Luhur, yang sama seperti UI, keduanya pernah
belajar ke LRB.

tentang milis, meski sudah ada milis [EMAIL PROTECTED] untuk diskusi radio
paket, mungkin ada baiknya rekan - rekan peminat radio paket di jakarta
membuat milis sendiri agar lebih fokus.

tentang ORARI versus non-ORARI, sebaiknya sih kalau memang gemar
ber-radio, ikut ORARI sekalian, jadi lebih mapan dalam penguasaan radio
dan lebih luas jangkauannya (ke AMPR-net).

tentang frekuensi, kalau ORARI, ya tinggal pakai saja frekuensi yang sudah
disediakan untuk Data buat amatir radio. kalau pakai frekuensi amatir
tanpa call-sign, ya melanggar UU setidaknya bakal dimarahi ORARI :-)
jadi kalau yang lain, ya menggunakan frekuensi yang bukan frekuensi amatir
radio, berarti dipakai sendiri. Dan ini secara hukum memang harus meminta
ijin ke Direktorat Bina Frekuensi Radio, Ditjen Postel, Dephub (dulu
Depparpostel). Ijin ini perlu bayar nggak murah, dan masa berlakunya kalau
nggak salah setahun atau dua tahun.

tentang IP Address, kalau ORARI, sudah ada jatah dari AMPR-net (network
44.0.0.0/8) yaitu 44.132.0.0/16 untuk Indonesia. kalau yang lain, ya pakai
saja IP private.

73
(buat yang belum tahu, ini kode di radio amatir, saya sendiri belum semoat
ujian amatir :-)

 +- and with none but Allah is the direction of my affair to the right issue;
/ /_/    _/ /_/_/_/_/    on Him do I rely and to Him do I turn (QS 11:88) ///
  _/_/_/_/  _/ HDS5 _/               [EMAIL PROTECTED] (Syafrudin)
/_/    _/ /_/_/_/_/_/   = pramuka.org - linux.or.id - estuary.klwarta.or.id =