Coba urun rembug :)

On Mon, 25 Jan 1999, Erga wrote:

> saya rencananya mo ngerancang jaringan dengan spek:
> * 30 wks dan 1 server, terhubung dengan 2 hub stack,  untuk internal dengan
> menggunakan IP private kelas C.
> * 4 server yang bisa diakses melalui internet dengan 1 switch dan IP 202.x.x.x
> * satu router cisco seri 1600 untuk menghubungkan jaringan dan internet (modem
> leased line).
> * satu PC router dengan OS Linux kernel 2.0.36 atau 2.2.0 menghubungkan subnet A
> (30 wks + 1 server) dengan subnet B (4 server yang dapat diakses melalui
> [...]

sebelumnya saya mo tanya dulu yang dimaksud firewall disini cuman sekedar
ACL atau firewall seperti spesifikasi Cisco punya.
Kalo sekedar ACL, IOS Cisco sudah ada sebagai standard.
Kemudian untuk konfigurasi saya coba urun rembug jadi begini :

Subnet A -- Hub --O S |
                  | w |   E0
Subnet A -- Hub --O i O----| Router |------ Internet
                  : t O----|________| S0
Subnet B ---------O c |   E1
                  | h |

Jadi PC Router nya ditiadakan.
Pada interface E0 diberi IP intranet/private.
Pada interface E1 diberi IP internet.
Switch ini kalo Cisco Switch bisa difungsikan juga sebagai brigde, jadi
bisa dilakukan lokalisasi broadcast antara Subnet B dan Subnet A.
Kemudian untuk firewallnya saya kira cukup dengan bermain main di ACL
router. tidak perlu beli IOS Firewall Cisco, mahalll :) .
DNS Server diletakkan di salah satu server di subnet B.
Konfigurasi router lebih lanjut bisa saya bantu, tapi japri aja terutama
masalah ACL dan NAT nya. Panjang soalnya.

subscribe sysop-l

mail to : [EMAIL PROTECTED]
body    : subscribe sysop-l

moga membantu