Dodi Andika wrote:
> pas saya ke ftp-nya yang ada cuma buat unix....
> bisa enggak prog buat unix dipake di linux..??

Tergantung dia ngasih sourcenya nggak, rata2 program di *nix sih ngasih,
kecuali commercial. Kalo udah ada sourcenya udah tinggal compile aja, nggak
peduli arsitektur mesin maupun varian *nix apa, biasanya ada sedikit
modifikasi aja yg pasti diberitahu di file README/INSTALL.

Kalo ngasihnya dalam bentuk 'pre-compiled binaries' itu yang harus
diperhatikan: apakah sama arsitektur mesinnya (intel, sparc, ppc, ...)?
apakah untuk OS yg dimiliki? Terkadang lebih mudah dan nggak pusing2 kalo
ngambil yg binaries, contoh: RPM.

Org mau compile sendiri, alasannya antara lain:
- bisa diutak-atik sourcenya sesuai kemauan kita (kalo diperbolehkan)
- kalo punya compiler PentiumGCC bisa dioptimalkan untuk pentium, 10%-30%
faster katanya (malah ada distribusi linux yang semua programnya dicompile
dg PentiumGCC, www.stampede.org)
- ngerubah binding untuk libraries, misal: Xaw95 instead of Xaw3d
- dsb.

O ya, sekalian nanya, jika ada pilihan shared dan statically-linked
binaries, sebaiknya pilih mana? alasannya apa?

--
Ronny Haryanto                      Linux Indonesia @ www.linux.or.id
http://come.to/ronny              University of Manitoba, Canada, eh?