Hi semua,

Saya baru mulai belajar ruby dengan Agile Web Dev with Rails, sambil coba
bikin aplikasi sendiri. Lalu saya mo coba validasi suatu input yang saya
batasi panjangnya dengan 10. Trus saya coba cari2 referensi tentang ruby
programming yaitu di Ruby
CoreLib<http://corelib.rubyonrails.org/classes/String.html#M001495>dan
Programming
Ruby <http://www.ruby-doc.org/docs/ProgrammingRuby/>. Akhirnya saya
memberanikan diri untuk coba code ini di model user.

def validate
        errors.add(:address_zip, "should be 5 or 6 digit of integer") if
address_zip.length < 5 or address_zip.lengh > 6
end

Dan tentu saja error krn yang diminta dari address_zip.length adalah method
length, yang mana itu tidak ada. Pertanyaan saya:

   1. bagaimana saya melakukan validasi diatas.
   2. sesuai subject, untuk melakukan latian dan modifikasi, manual apa
   yang sesuai untuk menemani buku Agile Web?

Mohon dimaklumi pertanyaan yg newbie ini dan sekaligus saran2nya. FYI, saya
belum pernah coding OOP. Dari kuliah dulu, zaman saya hanya dikasih
prosedural, OOP blm pernah coba.

Thanks,

Adinda P