2008/5/23 Arie Kusuma Atmaja <[EMAIL PROTECTED]>:

> coba Anda cek dari script/console saja, ketika
> User.authenticate(params) itu apa yang dikatakan log Anda (di lain
> layar Terminal dgn tail -f log/development.log).

Udah khan makanya muncul error yang kedua. Tapi alhamdulillah akhirnya
masalah yg kedua sudah terselesaikan. Masalah kedua timbul (+/-
singkatnya) karena sudah terlalu lama koneksi mysql-nya idle.
Setidaknya kata ruby-forum sih gitu
(http://www.ruby-forum.com/topic/123472). Akan tetapi (berbeda dengan
saya), kasus mereka itu hampir terus2an begitu. Akhirnya saya cuman
browse http:/localhost:3000/users/show/1 (untuk mancing koneksi
mysql-nya kembali, dan anehnya tidak muncul error apa2 di log server),
lalu saya coba jalankan User.authenticate(login, passwrd) error
MySQL-nya hilang. Hmmh.. walaupun selesai, tp no idea solusi
sebenarnya apa.

Kembali ke masalah pertama, method authenticate itu bisa saya jalankan.

user = User.authenticate("dida", "123")
=> #<User:0xb71df83c
@attributes={"hashed_password"=>"40bd001563085fc35165329ea1ff5c5ecbdbbeef",
"id"=>"1", "login"=>"dida", "email"=>"[EMAIL PROTECTED]"}>

> itu saja dulu jawaban dari saya. mengenai yg lain sebetulnya ada yang
> saya kurang sreg bila "mengikuti arus" tren REST ya, itu di controller
> login action methodnya gak usah, pakai cek if request adalah POST maka
> begini else maka begitu, sebaiknya sekalian Anda pisah, dari request
> GET Anda route ke /login dan ketika request POST Anda route ke /
> controller ybs / jangan lupa filter param logging Anda aktifkan supaya
> password dan username Anda disembunyikan di log demi sekuritas.

Bisa share lebih lanjut mengapa kurang sreg? Maaf nih mungkin saya yg
rada oon. Kalo mau sekalian dipisah, apa berarti tinggal nambahkan
else aja pada block "if request.post?" Lalu di dalam else itu
tambahkan route ke /login.

> [...]
> svnhub.com / gratis) nanti biar yg sama-sama mau belajar dan ingin
> mencoba memberi pencerahan bisa melihat lengkap beserta log nya DAN
> mncoba sendiri codes tsb di komputernya untuk memastikan apakah
> pencerahan yg akan diberikan itu bener-bener jitu/manjur apa nggak
> (nggak jalan/berhasil). gitu, saya menganjurkan cara ini ke semua
> teman2x yang lain juga, kalau ada yg lebih baik ya monggo (iChat trus
> monitornya gerak2x sendiri digerakkan remote tapi pastinya kalau ini
> asli antar temen emang udah percaya aja alias uda kenal pasti orang

Pernah dishare tidak (di blog anda mungkin?) suatu kasus yang
terselesaikan dengan cara anda di atas?

Makasih mas Arie, always the 1st to respond : )

Dida

Kirim email ke