Hi all,..

Maaf kalo pertanyaannya sangat mendasar banget. Saya udah coba cari di rails
API reference dan ruby lang ref tapi belum menemukan caranya. Mo nanya,
gimana cara buat query yang negatif? Baik untuk logic (IS NOT) dan <>. Saya
coba

Product.find_by_vendor_id(nil)
SELECT * FROM products WHERE (*products.`vendor_id` IS NULL*) LIMIT 1

Tapi, kalo

Product.find_by_vendor_id(!nil)
SELECT * FROM products WHERE (*products.`vendor_id` = 1*) LIMIT 1

saya coba pake hash entry :conditions {:vendor_id => !nil} hasilnya juga
sama. Apa ada cara lain selain find_by_sql ?       Untuk kasus serupa,
bagaimana kalo generate query seperti WHERE vendor_id <> 3 ?

Thanks,

Dida