2009/1/20 sux.mi...@gmail.com <sux.mi...@gmail.com>:
> Greeting to all,
>
> Perkenalkan, saya Henry, mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di
> Lampung.
> Setelah membaca artikel
> http://ariekusumaatmaja.wordpress.com/2007/02/05/tiga-puluh-tujuh-alasan-mengapa-saya-cinta-ruby/
> saya jadi tertarik dengan ruby.Sebelum mulai bermain-main dengan ruby,ada
> beberapa hal yang ingin saya tanyakan kepada rekan-rekan di milis ini,
> mudah-mudahan rekan" smua berkenan menjawab.
>
> 1. Bagaimanakah ruby jika dibandingkan dengan java, apa saja
> kekurangan dan kelebihannya?

kelebihan java : JVM bisa mengeksekusi syntax ruby
kekurangan ruby : ruby intepreter gak bisa eksekusi syntax java

eh pernyataan di atas mah jangan digubris deng ... itu soale ngasal,
sy soalnya lum pernah pakek java ^_^

> 2. Bagaimana pangsa kerja programmer ruby saat ini, khususnya di
> indonesia?

kepopuleran Ruby dibandingkan bhs laen (JAVA, PHP, C dll) di indonesia
sy pikir masih rendah,  namun uniknya setiap perusahaan indonesia yg
sudah menggunakan Ruby sbg bahasa pemrogramannya sy pikir selalu
kekurangan SDM programmer Ruby

> 3. Untuk newbe seperti saya, bagaimanakah cara yang baik untuk
> mulai belajar ruby (referensi buku, IDE, dll) ?

kalo sy pribadi lebih suka belajar ruby bukan step by step, tapi
langsung bikin aplikasi ....aplikasi spt apa yg pengen dibuat, ndak
usah yg terlalu besar, yg kecil2an aja dulu, macam bikin Guest Book,
Forum Sederhana, Blog Sederhana de el el , nantinya dari situ akan
timbul banyak pertanyaan dan masalah yg bisa dijawab oleh berbagai
ebook, artikel internet, teman atau dari milis

kalo buku bisa pake

Programming Ruby : The Pragmatic Programmer's Guide, versi gratisnya
ada di http://www.ruby-doc.org/docs/ProgrammingRuby/
Agile Web Development with Rails

untuk IDE, ini terserah preferensi programmer

kalo mo pake IDE "gede" yg fitur lengkap tapi boros memory bisa pake
netbeans atau aptana
kalo mo yg ringan pake notepad atau scite pun nda masalah

--
blog : http://adityakircon.blogsome.com
ym : adit.prawirasoft

i continue to fight, i continue to FIGHT (O2 - Orange Range)

Kirim email ke