Untuk dokumentasi rails offline bisa didownload di http://railsbrain.com/
yang ruby offline ya di http://rubybrain.com/

trus kalau doc gem sudah dijawab sama goj.

tambahan dari pengalaman saya kalau rubygemnya masih redup karna baru banget
biasanya saya masih sering baca rdoc langsung dari source code atau saya
senengnya yardoc dari console sesuai dg kebutuhan saja pak (karena saya tidak
mau membebani storage dg doc ri dan rdoc hasil generate otomatis dari gem pak).
jadi hasil yardoc sendiri begini juga bukanya lewat browser.

untuk lokasinya bisa dicoba perintah ini di console : gem env

dan silakan bisa ditelusuri dari sana. struktur aplikasi rubygem juga sangat
memudahkan kita untuk menelusuri dokumentasi yang ada. saya paling bahagia lagi
kalau sekaligus disediakan contoh-contoh aplikatif dari test maupun spec dari
rubygem yang ranum. jadi benar2 tinggal dinikmati.

~ http://ariekusumaatmaja.wordpress.com

--- In id-ruby@yahoogroups.com, Deny Prasetyo wrote:

> Maaf nih kalau pertanyaannya cukup newbie.
> Saya gak kesulitan ketika harus mencari doc dari sebuah fungsi di rails
> ketika sedang offline.
> kalau online saya tinggal buka api.rubyonrails.org tapi repotnya ketika
> ndak sedang online.
>
> Ketika pakai IDE sangat terbantu karena kode completion biasanya sudah
> menunjukkan documentasi langsung.
> tapi ada kalanya ada dokumentasi yang ternyata belum terinstall.
>
> pertanyaanya.
> 1. Bagaimana cara mendownload dokumentasi untuk setiap gem.
> 2. Kalau ingin buka lewat browser kira2 caranya gimana.
> [...]

Kirim email ke