Manusia menyesal mengapa hanya bersedekah seribu, padahal ia sanggup bersedekah dua ribu.

Dikisahkan, ada 3 pencari harta karun terperangkap dalam sebuah gua. tampaknya gua tsb tertu2p rapat, sehingga tak ada sedikit pun celah yang bisa dilewati cahaya.

Dalam keadaan bingung, terdengarlah oleh mereka suara tanpa rupa. "Wahai kalian bertiga, dihadapan kalian terserak aneka barang. Maka ambillah sebnyk mungkin brg2 itu. Kalian akan menyesal bila cahaya menerangi gua, sedang kalian belum sempat mengumpulkannya. Tidak ada lg kesempatan lg stlh itu."

Ketiganya bertambah bingung dan takut.

Dalam kondisi yang tak pasti, orang 1 segera mengambil keputusan. Ia mengajak dua temannya agar menuruti seruan gaib tsb. "Sebaiknya kita turuti saja seruan td. Siapa tahu ini adalah harta karun yg kita cari".

Ia pun sibuk memasukkan brg2 yg berserakan ke dalam kantongnya.

Orang ke-2 terpengaruh. Wlau tampak ragu, ia pun memunguti brg yg berserakan. Namun jumlahnya tdk sbnyk org pertama.

Tdk demikian dg org ke-3. Sama sekali ia tidak percaya dg suara gaib tsb. Ia malah curiga, jgn2 itu jebakan belaka. Akibatnya, tak satupun brg yg berhasil ia kumpulkan.

Tak lama kemudian.

Tiba2 ketiganya berada di ruangan luas yg sgt terang. Alangkah terkejut dan kecewanya mereka. Ternyata, brg2 yg hrs mereka kumpulkan saat di gua td adalah perhiasan berharga : emas, perak, intan, berlian, permata, dan mutu manikam.

Orang 1 terlihat menyesal. Sebab ia masih sanggup mengambil lbh bnyk lg, namun ia tdk melakukannya.

Orang ke-2 lbh menyesal lg. Sebab ia ragu dan sekedarnya saja dlm mengumpulkan perhiasan tsb.

Yg plg terpukul adalah orang ke-3. Sebab ia tdk kebagian apa2. Saat kedua temannya sibuk berjibaku, ia malah santai2 saja.

****

Kisah ke-3 org pencari harta karun, hakikatnya menggambarkan dua laam kehidupan manusia : dunia dan akhirat. Kondisi gua analog dg kehidupan dunia. Saat di dunia Allah SWT memerintahkan manusia untuk mengumpulkan sebanyak mgkn amal kebaikan. Namun, tdk semua manusia menuruti. Ada yg bersungguh2, acuh tak acuh, bahkan mendustakan.

Di akhirat kelak, Allah SWT membukakan "tabir kegelapan" tsb. Semuanya jd terlihat jelas. Manusia menyesal saat melihat amalnya; ahli ibadah menyesal; orang awam menyesal; pendusta pun menyesal.

manusia menyesal mengapa tdk berdzikir kpd Allah SWT, pdhal saat di dunia ia berkesampatan melakukannya. Manusia menyesal mengapa hanya bersedekah seribu, pdhal ia sanggup bersedekah dua ribu. Manusia menyesal mengapa ia shalat sendirian, pdhal ia sanggup melaksanakannya berjamaah, dst.
Wallahu a'lam.

Radio station advertising Satellite radio stations Cb radio base station
Radio station promotion Christian radio station New age radio station