Treat every love as last love...

Sejak semula, keluarga dari si gadis tidak menyetujui hubungannya
dengan sang pemuda. Mereka mengajukan alasa n mengenai latar
belakang keluarga, bahwa jika si gadis memaksa terus bersama dengan
sang pemuda, dia akan menderita seumur hidupnya..... Karena tekanan
dari keluarganya, si gadis jadi sering bertengkar dengan pacarnya.
Gadis itu benar2 mencintainya, dan dia terus-menerus
bertanya, "Seberapa besar kamu mencintaiku?" Sang pemuda tdk begitu
pandai berbicara, dia selalu membuat si gadis marah. Dan komentar-
komentar dari orangtuanya membuatnya bertambah kesal. Sang pemuda
selalu menjadi sasaran pelampiasan kemarahannya. Dan sang pemuda
selalu membiarkannya melampiaskan kemarahannya kepadanya....

Setelah beberapa saat, sang pemuda lulus dari perguruan tinggi. Ia
bermaksud meneruskan kuliahnya ke luar negeri, tapi sebelum dia
pergi, dia melamar gadisnya, "Saya tidak tahu bagaimana mengucapkan
kata2 manis, tapi saya tahu bahwa saya mencintaimu. Jika kamu
setuju, saya ingin menjagamu seumur hidupmu. Mengenai keluargamu,
saya akan berusaha keras untuk meyakinkan mereka agar meny etujui
hubungan kita. Maukah kamu menikah denganku?" Si gadis setuju, dan
keluarganya setelah melihat usaha dari sang pemuda, akhirnya
merestui hubungan mereka. Sebelum pemuda itu berangkat, mereka
bertungan terlebih dahulu. Si gadis tetap tinggal di kampung halaman
dan bekerja, sementara sang pemuda meneruskan kuliahnya di LN.....

Mereka melanjutkan hubungan mereka melalui surat dan telepon. Kadang-
kadang timbul kesulitan, tapi mereka tidak menyerah terhadap
keadaan. Suatu hari, dalam perjalanan ke tempat perhentian bis
sepulang dari kerja, si gadis tertabrak mobil hingga tak sadarkan
diri. Ketika siuman, dia melihat kedua orangtuanya dan menyadari
betapa beruntungnya dia dapat selamat. Melihat air mata orangtuanya,
dia berusaha untuk menghibur mereka. Tetapi dia menemukan... bahwa
dia tidak dapat berbicara sama sekali. Dia bisu..... Menurut dokter
kecelakaan tersebut telah mencederai otaknya, dan itu menyebabkannya
bisu seumur hidupnya. Mendengar orangtuanya membujuknya, tapi tidak
dapat menjawab sepatah kata pun, gadis tersebut pingsan...

Sepanjang hari hanya dapat menangis dan membisu...Ketika akhirnya
dia boleh pulang dari RS, dia mendapati rumahnya masih seperti sedia
kala. Hanya jika telepon berdering, dia menjadi pilu. Dering telepon
telah menjadi mimpi terburuknya. Dia tidak dapat memberitakan kabar
buruk tersebut kepada pacarnya dan menjadi bebannya. Dia menulis
sepucuk surat untuknya, memberitahukan bahwa dia tdk mau lagi
menunggunya. Hubungan antara mereka sudah putus, bahkan dia
mengembalikan cincin pertunangan mereka. Mendapat surat dan telepon
dari si pemuda, dia hanya bisa menitikkan air mata... Ayahnya tidak
tahan melihat penderitaannya, dan memutuskan untuk pindah. Berharap
bahwa dia dapat melupakan segalanya dan menjadi lebih bahagia...

Pindah ke tempat baru, si gadis mulai belajar bahasa isyarat. Dia
berusaha melupakan sang pemuda... Suatu hari sahabatnya
memberitahukan bahwa pemuda itu telah kembali dan mencarin ya ke
mana-mana. Dia meminta sahabatnya untuk tidak memberitahukan dimana
dia berada dan menyuruh pemuda tsb. untuk melupakannya.... Lebih
dari setahun, tidak terdengar lagi kabar pemuda itu sampai akhirnya
sahabat si gadis menyampaikan bahwa sang pemuda akan menikah dan
menyerahkan surat undangan. Dia membuka surat undangan itu dengan
hati pedih, dan menemukan namanya tercantum dlm undangan. Sebelum
dia sempat bertanya kepada sahabatnya, tiba-tiba sang pemuda muncul
di hadapannya.Dengan bahasa isyarat yang kaku, ia menyampaikan
bahwa.... Aku telah menghabiskan waktu lebih dari setahun untuk
mempelajari bahasa isyarat, agar dapat memberitahukan kepadamu bahwa
aku belum melupakan janji kita, berikan aku kesempatan, biarkan aku
menjadi suaramu.

  Wied
  Telkom Divre II Jakarta