Prediksi Piala Oscar

(Waterpeople - Amerika)

Sekarang ini saya lagi exited banget menunggu tanggal 25 Februari. Pasalnya,
di hari tersebut akan diumumkan siapa saja yang berhak membawa pulang piala
Oscar.

Sebelumnya, sorry kalau tulisan saya bikin bosan mereka yang nggak suka
film. About me, nonton film merupakan hobi utama saya. Bukan hanya itu saja,
baca resensi film juga suka. Urusan nonton acara penghargaan seperti Golden
Globe, SAG dan terutama Academy Awards selama beberapa tahun belakangan ini
nggak pernah saya lewatin. Bahkan, waktu masih di Indonesia, setiap Golden
Globe dan Oscar (Kayaknya SAG nggak ditayangkan di Indonesia), saya selalu
usahakan pulang kerja lebih awal. Di Indonesia, acara GB atau Oscar kan
selalu siaran tunda (kecuali waktu salah satu nominasinya Crouching Tiger
Hidden Dragon) so beritanya udah ada di internet. Supaya hasilnya tetap
kejutan, saya nggak akan nengok internet sama sekali, trus saya juga
wanti-wanti ke teman-teman supaya nggak ngasih bocoran.

Nah, kira-kira selama lima tahun terakhir ini, saya suka banget bikin
prediksi tentang film apa aja yang kemungkinan bakal menang Oscar. Terus
terang, ada beberapa film yang belum saya tonton (maklum belum punya
kerjaan, jadi kalau nonton film tunggu dibayarin suami). Tapi, karena saya
sering banget baca berita tentang film (thanks to internet!), so beberapa
tahun belakangan ini, saya sepertinya dikaruniai "feeling" untuk nebak film
yang bakalan menang Oscar. Tapi, kadang-kadang feeling saya juga meleset,
maklum ajang Oscar itu kerap bisa sangat mengejutkan. Seperti tahun lalu,
feeling saya (termasuk para penggemar dan kritikus film) mengatakan
Brokeback Mountain yang akan menang Oscar, eh nggak tahunya justru Crash.

Anyway, berikut prediksi saya untuk Oscar tahun ini.

Performance by an actor in a leading role: Forrest Whitaker kayaknya yang
bakal menang. Aktingnya di Last King of Scotland benar-benar total. Di
trailernya, ada adeganya lagi tertawa. Wuih, serem banget. Sebelumnya saya
agak subjektif, pasalnya orang aslinya kelihatan agak serem. Eh, waktu
nonton wawancaranya di Oprah Winfrey show, kok malah kelihatan pemalu.
Berarti memang aktingnya yang keren. Leonardo Di Caprio, bakal menjadi
saingan terberatnya. I think it`s about time buat Leo sebenarnya untuk
membawa piala Oscar, kalaupun dia nggak beruntung tahun ini, saya yakin di
tahun-tahun berikutnya Leo akan terus tampil di film-film bermutu dan saya
nggak akan bakal terkejut kalau dia bakal kembali masuk nominasi di
tahun-tahun mendatang.

Performance by an actor in a supporting role: Saya sih lebih condong memilih
Alan Arkin. Saya suka banget aktingnya di Little Miss Sunshine. However,
prediksi saya Eddie Murphy yang bakalan dapat Oscar. Tahun ini kayaknya
milik Murphy, deh. Waktu di Golden Globe, saya sama sekali nggak menyangka
Murphy bisa menang, tapi setelah dia juga memang SAG, mau tidak mau feeling
saya juga berubah.

Performance by an actress in a leading role : Salah satu nominator film ini
nggak lain adalah the one and only Meryl Streep. Menurut saya, aktris
terbaik sepanjang masa adalah Streep, pokoknya she`s my idol. Tapi, kayaknya
tahun ini juri Oscar belum siap untuk memberi Streep another Oscar, jadi
saya hampir yakin seratus persen kalau Helen Mirren yang tampil luar biasa
di The Queen bakal menang tahun ini.

Performance by an actress in a supporting role: Okay, saya tahu Jennifer
Hudson udah menyabet penghargaan Golden Globe dan juga SAG. Tapi menurut
saya, juri Oscar akan lebih memilih Cate Blanchett yang lebih berpengalaman
and sudah sepantasnya menang Oscar. Nominasi lainnya adalah Abigail Breslin
yang masih anak-anak. Saya suka banget menontonnya di Little Miss Sunshine,
tapi kayaknya kok penampilan Dakota Fanning di I am Sam yang jauh lebih
memukau, tapi malah nggak masuk nominasi sama sekali. So, sempat terkejut
juga waktu Abigail dinominasikan.

Best animated feature film of the year : Walaupun Cars menang Golden Globe,
tapi saya rasa para juri nggak akan terlalu berbaik hati untuk
menganugerahkan penghargaan di kategori ini untuk film karya Pixar selama
tiga tahun berturut-turut (Finding Nemo, The Incredibles). So, kayaknya (and
I really hope so), Happy Feet yang bakalan menang.

Achievement in directing : Terus terang, saya suka banget dengan Clint
Eastwood (Letters from Iwo Jima). Tapi, saya rasa Martin Scorcese yang
bakalan menang lewat The Departed yang memang keren banget. Lagipula, udah
saatnya Scorcese menang setelah sekian lama terus `diacuhkan` para juri di
Academy Awards.

Best foreign language film of the year: Saya lumayan terkejut, Letters from
Iwo Jima dan Volver tidak masuk nominasi. So, Pan`s Labyrinth yang bakalan
menang. Terus terang, saya belum nonton tapi banyak baca resensi yang
positif tentang film ini.

Best motion picture of the year : Untuk yang satu ini terus terang saya
hampir blank. Kecuali Little Miss Sunshine, kayaknya hampir semua nominasi
punya chance yang sama untuk menang Oscar. Babel udah menang Golden Globe,
Letters from Iwo Jima udah pasti keren banget (dan terus terang ini favorit
saya). But anyway, feeling saya untuk hari ini (khusus untuk kategori ini,
setiap saat bisa berubah), kayaknya The Departed yang bakalan menang. Sekali
lagi, udah saatnya film karya Scorcese yang menang.