Mbak Ida,

Tema ini bagus, tapi saya ingin mengaitkan ini sebagai himbauan untuk
menghemat konsumsi bahan bakar.

Dengan sikap 'sabar', tidak kebut2an di jalan, akan menghemat bahan
bakar cukup banyak. Yang saya alami, hingga 20%.

Sudah beberapa bulan ini saya lakoni sikap sabar di jalan. Mobil saya
jalankan dengan putaran mesin maksimum antara 3600-3800 rpm saja. Ini
pun sebetulnya sudah cukup kencang, di jalan tol bisa mencapai
kecepatan sekitar 110 km/jam.

Nah, dengan cara itu, mobil saya yang Kijang kapsul 2000 cc tahun
2002, mengkonsumsi bensin hingga 10 km per liter, padahal sebelumnya
tanpa pengendalian sikap ini, hanya sekitar 8 km per liter. Nah,
dengan ini saya bisa berhemat 20%. Coba kalau sikap ini diterapkan
oleh banyak pengendara, setidaknya mengurangi konsumsi BBM nasional
10% hingga 20%. Lumayan kan.

SASONGKO

Kirim email ke